Kemenkes Kaji Layanan Keadaan Telemedicine Bisa Diklaim BPJS Keadaan


Jakarta

Kementerian Keadaan (Kemenkes) terus Membuat telemedisin berbasis Langkah. Di depannya, Kemenkes membuka Kemungkinan Sebagai Kelompok yang berkonsultasi secara online Bersama Praktisi Medis, pembiayaannya bisa Ke-cover Bersama BPJS Keadaan.

Yang Berhubungan Bersama hal ini, Wakil Pembantu Presiden Tim Menteri Keadaan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan transformasi Ke bidang Keadaan menjadi satu hal yang perlu dilakukan. Ini menjadi upaya pemerintah Sebagai Memberi akses Keadaan yang merata Di depannya.

“Transformasi sistem Keadaan merupakan keniscayaan yang harus dibangun kalau kita ingin membangun Indonesia Emas 2045,” ujar Dante Untuk UI Health Innovation Expo 2024, Depok, Kamis (27/6/2024).


Yang Berhubungan Bersama pembiayaan telemedisin Bersama BPJS, Dante mengatakan Sebagai Pada ini memang masih belum berjalan. Akan Tetapi, Kemenkes Lagi Berusaha Sebagai terus menggodok terobosan ini.

“(Pada ini) masih belum ada klaim BPJS Sebagai telemedisin. Tapi Lagi kami godok bagaimana regulasinya, bagaimana keabsahan pengobatannya, bagaimana mendatangkan obatnya. Ini Lagi kita godok,” kata Dante.

“Sebab Di Didepan Sebagai Daerah-Daerah tertinggal butuh Langkah-Langkah tersebut,” sambungnya.

Dante melanjutkan jika Pada ini pemerintah masih mencoba Sebagai memproses legalitas telemedisin Yang Berhubungan Bersama keabsahannya, agar bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

“Sekarang masih Untuk proses legalisasi dulu, legalisasi bahwa telemedisin masuk Di Untuk pelayanan yang dikonfirmasi keabsahannya absolut dan bisa dipertanggungjawabkan secara scientist,” kata Dante.

Yang Berhubungan Bersama alat Keadaan yang nantinya digunakan sebagai penunjang, Dante mengatakan pemerintah Berencana memprioritaskan produk-produk Untuk negeri. Hal ini juga Sebagai menekan Perdagangan Masuk Negeri produk Bersama Negeri lain.

“Bersama Sebab Itu kita mengutamakan produk-produk yang hasil produksi dan kandungan Untuk negerinya banyak. Bersama aturan tersebut, maka kita Berencana menyerap pasar Untuk negeri yang jumlahnya lebih banyak daripada Produk Perdagangan Masuk Negeri,” tutupnya.

Sebagai informasi, Pada ini Kemenkes telah Memiliki ‘Temenin’ atau Telemedisin Indonesia yang telah bekerja sama Bersama ratusan Fasilitas Medis dan Memberi beberapa layanan yang mencakup 4 bidang, yakni radiologi, USG (ultrasonografi), elektrokardiografi, dan konsultasi.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Kemenkes Kaji Layanan Keadaan Telemedicine Bisa Diklaim BPJS Keadaan