SIM Indonesia Diakui Ke Bangsa Asosiasinegara-Negaraasiatenggara Mulai 1 Juni 2025


Surat Izin Mengemudi (SIM) Indonesia Akansegera berlaku Ke setiap Bangsa Asosiasinegara-Negaraasiatenggara mulai 1 Juni 2025. Pemilik SIM Indonesia tidak perlu lagi menggunakan SIM Internasional Di berkunjung Di banyak Bangsa Ke Asia Tenggara.

SIM Indonesia diakui Ke Bangsa-Bangsa seperti Filipina, Thailand, Laos, Vietnam, Myanmar, Brunei, Singapura dan Malaysia, seperti diutarakan akun X Polda Metro Jaya, @TMCPoldaMetro.

[Gambas:Twitter]

Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus Mengungkapkan penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai nomor SIM menandai kemajuan integrasi dokumen legalitas kendaraan Bersama dokumen Bangsa lain seperti NPWP, BPJS dan KTP.

Sebelumnya Itu SIM domestik Indonesia diakui dan berlaku Ke beberapa Bangsa, terutama Ke Asosiasinegara-Negaraasiatenggara. Pengakuan ini berasal Untuk Perjanjian Pengakuan Surat Izin Mengemudi Domestik yang diterbitkan Asosiasinegara-Negaraasiatenggara Ke 1985.

Ke 1997 kesepakatan ini diperluas mencakup Bangsa-Bangsa seperti Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja Ke tahun 1999.

Tetapi, beberapa Bangsa tetap Memiliki Keputusan khusus Yang Terkait Bersama hal ini.

Contoh, Ke Singapura, SIM domestik berlaku Di 12 bulan Sebelum kedatangan. Jika ingin terus berkendara Ke Singapura, pengemudi harus Memiliki SIM lokal Singapura.

Hal serupa juga berlaku Ke Malaysia. Sebelum 2018 pemerintah Malaysia menerapkan Keputusan Terbaru Yang Terkait Bersama SIM Untuk warga Foreign.

Orang Bersama SIM Foreign, termasuk SIM Indonesia, yang ingin mengemudi Ke Malaysia harus Memiliki SIM Internasional dan SIM Indonesia yang masih berlaku.

Untuk WNI yang tidak Memiliki SIM Internasional, dapat mengajukan permohonan Untuk Merasakan SIM Malaysia Ke Institut Mengemudi Malaysia, menurut Edaran Kedutaan Besar Indonesia Ke Kuala Lumpur.

Bersama Keputusan ini, warga yang berkendara Ke luar negeri tetap bisa menggunakan SIM domestik Indonesia tanpa perlu membuat SIM Internasional.




Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: SIM Indonesia Diakui Ke Bangsa Asosiasinegara-Negaraasiatenggara Mulai 1 Juni 2025