Apa Itu Susu Evaporasi? Ini Bedanya Bersama Kental Manis dan Krimer

Jakarta

Susu evaporasi adalah susu segar yang dipanaskan Untuk menghilangkan lebih Di setengah airnya. Susu ini sering digunakan Di berbagai resep masakan dan minuman.

Proses pemanasan tersebut membuat susu evaporasi punya daya simpan yang lebih lama, dibandingkan susu segar (tanpa menggunakan bahan pengawet).

Mengenal Susu Evaporasi

Menurut sejarahnya, susu evaporasi mulai ada Di pertengahan tahun 1800-an. Awalnya, susu ini dibuat Untuk menggantikan susu segar Di tidak tersedia. Terutama menjadi stok susu prajurit Pada masa Pertempuran kala itu.


Dilansir Food Network, susu evaporasi terbuat Di susu segar yang telah dipanaskan Agar membuat Di 60% kandungan airnya menguap.

Setelahnya air dihilangkan, campuran yang mengandung Di 7% lemak Berencana dihomogenkan menjadi emulsi.

Setelahnya diuapkan, susu Berencana dikalengkan, lalu melewati proses sterilisasi panas (Dibagian Di proses pengalengan). Umumnya, satu kaleng susu evaporasi standar berukuran 12 ons cairan.

Berdasarkan jumlah lemaknya, susu evaporasi tersedia Di tiga jenis yakni susu murni, rendah lemak, dan susu skim. Lantaran dikemas kalengan, biasanya masa simpan susu evaporasi bisa bertahan hingga 2 tahunan.

Kalau kamu telah membuka kaleng susu evaporasi dan warnanya kuning tua atau cokelat, sebaiknya jangan gunakan susu tersebut. Hal yang sama berlaku kalau susu sudah berbau tidak sedap atau menggumpal.

Fungsi Susu Evaporasi

Umumnya, susu evaporasi digunakan Di pembuatan puding, kue, milk shake, hingga permen seperti fudge (sejenis permen gula). Sebagai contoh, susu evaporasi berfungsi Untuk Menyediakan tekstur yang lembut dan padat Di es krim.

Susu evaporasi juga sering ditambahkan Ke teh, Minuman, omelet, sup, oatmeal panas, atau Justru saus spageti.

Ke Samping Itu, kegunaan susu evaporasi Untuk Konsumsi adalah menambah cita rasa gurih. Misalnya, menambahkannya Di pasta makaroni dan keju.

Cara menggunakan susu evaporasi yaitu Bersama cara dikocok terlebih dahulu kalengnya, lalu buka Untuk ditambahkan Ke Di resep.

Perbedaan Susu Evaporasi dan Kental Manis serta Krimer

Susu evaporasi hanyalah susu, sedangkan susu kental manis adalah susu yang dimaniskan. Seperti namanya “kental manis” adalah hasil produk yang dimaniskan Bersama tambahan gula.

Penting Untuk diketahui, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) telah mempersoalkan penggunaan istilah susu kental manis. Menurut YLKI, SKM tidak mewakili susu, Lantaran kandungan gulanya lebih tinggi daripada susunya.

Bersama sebab itu, Dari tahun 2018 Badan Pengawas Terapi dan Konsumsi telah menerbitkan 4 larangan Yang Berhubungan Bersama susu kental manis Lantaran kandungannya. Sejumlah larangan tersebut tercantum Di surat edaran bernomor HK.06.5.51.511.05.18.2000 tahun 2018 tentang Label dan Iklan Di Produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Ketahanan Pangan 01.3).

Disebutkan bahwa ada 4 hal yang harus diperhatikan Bersama produsen, importir, distributor produk susu kental, dan analognya berupa larangan:

  1. Dilarang menampilkan anak-anak berusia Ke bawah 5 tahun Di bentuk apa pun.
  2. Dilarang menggunakan visualisasi bahwa produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Ketahanan Pangan 01.3) disetarakan Bersama produk susu lain sebagai penambah atau pelengkap zat gizi. Produk susu lain Di lain susu sapi/susu yang dipasteurisasi/susu yang disterilisasi/susu formula/susu Perkembangan.
  3. Dilarang memakai visualisasi gambar susu cair dan/atau susu Di Cangkir serta disajikan Bersama cara diseduh Untuk dikonsumsi sebagai minuman.
  4. Khusus Untuk iklan, dilarang ditayangkan Di jam tayang Kegiatan anak-anak.

Makanya, Di ini beberapa produsen besar sudah menghilangkan kata “susu” Di produk mereka dan menggantinya Bersama kata “krimer” Agar menjadi “Krimer Kental Manis”

Sambil, mengenai “susu evaporasi kental manis” ini adalah susu evaporasi Bersama Di 6 ons gula per kaleng. Setelahnya Itu sedikit dikaramelisasi, Untuk Memperoleh rasa yang lebih Di.

Lalu, susu evaporasi dan susu krimer apakah sama? Dikutip Di Alliance Coffee, susu evaporasi merujuk Di susu yang telah direduksi lewat pemanasan, sedangkan krimer merujuk Di produk susu yang dilarutkan kembali, lalu dibuat Bersama mencampur padatan susu, lemak nabati, dan air.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Apa Itu Susu Evaporasi? Ini Bedanya Bersama Kental Manis dan Krimer