Jawaban Irit Menko Airlangga Ditanya Insentif Kendaraan Pribadi Hybrid


Jakarta, CNN Indonesia

Pejabat Tingginegara Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto irit bicara Di ditanya Yang Berhubungan Bersama kelanjutan insentif Retribusi Negara Kendaraan Pribadi hybrid Di Indonesia. Ia hanya menyebut Aturan itu masih tahap persiapan, tanpa menjelaskan kapan bakal terbit.

“Insentif Lagi disiapkan,” kata Airlangga singkat ketika ditemui Di GIIAS 2024, ICE BSD, Rabu (24/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berbeda Di insentif Retribusi Negara Kendaraan Pribadi Elektrik yang sudah lama bergulir Di Indonesia, insentif khusus buat Kendaraan Pribadi hybrid masih belum menemukan titik terang.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi Sebelumnya telah mendesak pemerintah agar bergerak cepat merealisasikan insentif Retribusi Negara Kendaraan Pribadi hybrid.

Menurut Nangoi desakan ini bukan tanpa sebab. Pihaknya khawatir iklim Penanaman Modal Di para pelaku industri Kendaraan Pribadi terganggu jika insentif Kendaraan Pribadi hybrid tak kunjung cair.

“Kalau kami lihat Negeri tetangga Memberi insentif Sebagai Kendaraan Pribadi hybrid. Kalau kami tidak berhati-hati, kami khawatir mereka bisa mengalihkan produksinya Hingga Negeri-Negeri tersebut,” ucap Nangoi pekan lalu.

Nangoi mengatakan insentif Kendaraan Pribadi hybrid sangat diperlukan Lantaran penjualan kendaraan jenis itu Di Indonesia terus berkembang.

“Insentif Sebagai Kendaraan Pribadi hybrid sangat diperlukan Lantaran perkembangan Kendaraan Pribadi hybrid Di Indonesia cukup pesat. Karena Itu kalau kami lihat 2022 Di 10 ribu Kendaraan Pribadi hybrid terjual, 2023 loncat lebih 55 ribu, dan kami perkirakan tahun ini Berencana Di atas 70 ribu Kendaraan Pribadi hybrid,” ungkap Nangoi.

Secara terpisah, Pejabat Tingginegara Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan insentif Kendaraan Pribadi hybrid Di ini Lagi dihitung Sebagai Berikutnya dapat diserahkan Hingga Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Insentif setiap hari kami coba hitung, coba diskusikan Bersama internal pemerintah, Berencana kami usulkan khususnya Sebagai hybrid kepada kementerian Yang Berhubungan Bersama Di Situasi Ini Kemenkeu,” ucap Agus.

Di ini sudah banyak merek Kendaraan Pribadi, yang sebagian besar berasal Di Jepang, menjajakan produk hybrid Di Indonesia. Produsen tersebut Di antaranya Mitsubishi, Honda, Nissan, Wuling, Suzuki, Toyota, dan GWM.

Sedangkan model-model Kendaraan Pribadi hybrid yang diproduksi Di Di negeri, misalnya Wuling Almaz Hybrid, Toyota Innova Zenix Hybrid dan Yaris Cross Hybrid serta Suzuki XL7 Hybrid dan Ertiga Hybrid.

(ryh/fea)




Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Jawaban Irit Menko Airlangga Ditanya Insentif Kendaraan Pribadi Hybrid