Madu Pelawan, Madu Pahit Asli Indonesia yang Istimewa

Jakarta

Tak semuanya manis, madu juga ada yang pahit, seperti madu pelawan Untuk Bangka Belitung. Meski begitu, madu ini bernilai ekonomis. Ini faktanya!

Madu identik Di rasa manis. Akan Tetapi, tahukah kamu bahwa sebenarnya ada juga madu yang Memiliki cita rasa pahit. Biasanya madu pahit ini berwarna hitam pekat.

Salah satu yang populer adalah madu Pelawan. Dinamakan demikian lantaran madu ini dihasilkan Untuk sarang madu Hingga pohon pelawan yang ada Hingga Hutan Hingga Bangka Belitung.


Keistimewaan madu pelawan ini diungkap Dari Zaiwan, seorang kepala Desa Namang, Bangka Ditengah, Kepulauan Bangka Belitung Untuk Kegiatan Sharing dan Tasting Kekayaan Madu Lokal Indonesia’ yang diadakan Dari MBRIO Research & Development (18/07/24).

Berikut ini fakta madu pelawan:

1. Hingga bawah hutan mengandung timah

Selain sebagai kepala desa, Zaiwan juga merupakan perintis madu pelawan Hingga desanya. Zaiwan menceritakan bahwa awalnya, Kelompok setempat tidak tertarik Untuk mencari madu Hingga sana.

Mengingat Hingga bawah tanah hutan pohon pelawan tersebut Memiliki kandungan timah yang terbilang tinggi. Kelompok berpendapat lebih mudah menjual timah dibandingkan madu.

Akan Tetapi, sebagai kepala desa, Zaiwan menegaskan bahwa hutan Di luas 300 hektar tersebut merupakan warisan Untuk nenek moyang yang harus dilestarikan.

“Dari Sebab Itu Di jabatan saya ini, saya membuat peraturan desa berupa larangan Karya tambah Hingga area hutan pelayan Untuk menjaga kelestarian alam,” tuturnya.

2. Mengajak melestarikan madu

Zaiwan selaku kepala desa mengajak Kelompok mulai menjual madu. Foto: Instagram @zaiwanmadupelawan

Daripada menambah timah yang Berpotensi Untuk merusak alam, Zaiwan mengajak masyarakatnya Untuk memanfaatkan potensi madu yang ada Hingga hutan tersebut sebagai sumber penghasilan.

“Lantaran madu pelawan ini unik, berbeda Untuk lainnya Lantaran Memiliki rasa yang pahit. Madu seperti ini tidak ditemukan Hingga Area lainnya,” tutur Zaiwan.

Awalnya, Zaiwan sulit mengajak masyarakatnya Untuk membudidayakan madu. Akan Tetapi, kini secara perlahan, Kelompok sudah mulai mengerti Supaya memilih menjual madu.

Fakta istimewa Untuk madu pelawan ada Hingga halaman Lanjutnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Madu Pelawan, Madu Pahit Asli Indonesia yang Istimewa