IDAI Ungkap Angka Diabetes Anak Menimbulkan Kekhawatiran 70 Persen! Ini Penyebabnya


Jakarta

Ikatan Ahli Kepuasan Anak Indonesia (IDAI) mengatakan Tindak Kejahatan diabetes tipe 1 Di anak usia 12 sampai 18 tahun Merasakan kenaikan hingga 70 persen. Data ini diperoleh IDAI Untuk rentang waktu Antara 2010 hingga 2023.

Ketua Umum PP IDAI dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) mengatakan naiknya Tindak Kejahatan diabetes tipe 1 Di anak ini dikarenakan banyak orang tua yang sudah mulai sadar Berencana Kepuasan Kesejajaran anak. Agar, mereka membawa sang anak Untuk memeriksakannya Ke Ahli Kepuasan.

“Naik 70 persen. Masalah diabetes (anak) tipe 1 memang ada kenaikan, salah satu penyebabnya adalah deteksinya bagus,” ujar dr Piprim kepada wartawan Di Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2024).


Walaupun angkanya sudah cukup tinggi, dr Piprim mengatakan Tindak Kejahatan diabetes anak bisa saja naik lagi. Pasalnya, masih banyak anak-anak yang Bisa Jadi saja mengidap diabetes tapi belum terdata.

“Iya (bisa naik lagi) Sebab yang belum terlaporkan masih banyak,” kata dr Piprim.

dr Piprim menambahkan jumlah anak yang Merasakan diabetes tipe 2 juga tak kalah banyaknya. Menurutnya, banyaknya Tindak Kejahatan diabetes Di anak Sebab Life Style mereka yang buruk.

“Kalau tipe 2 (Menimbulkan Kekhawatiran) Sebab lifestyle. Tidak dipungkiri sekarang ini kejadian obesitas Menimbulkan Kekhawatiran Di anak-anak. Disekitar 80 persen anak diabetes itu disertai obesitas,” kata dr Piprim.

“Ketika anak obesitas, ada hipertensi, ada resistensi insulin. Nanti larinya bisa Ke mana-mana. Ini salah satu Gangguan Sebab Life Style yang buruk,” sambungnya.

dr Piprim berpesan kepada para orang tua Untuk lebih Memberi perhatian kepada anak. Salah satunya Di mengubah gaya hidupnya Ke arah yang lebih baik.

“Banyak yang mesti diperhatikan, misalnya Latihan secara aktif itu bagus buat semua organ tubuh seperti jantung, ginjal, dan sebagainya. Kedua minum air putih,” katanya.

dr Piprim menekankan agar orang tua benar-benar menjaga asupan gula anak per harinya. Menurutnya, anak-anak Di ini sangat menyukai minuman manis Untuk kemasan dan itu salah satu penyebab obesitas.

“Ketiga banyak kurangi gula, bukan hanya gula putih. Tapi minuman manis yang ada Untuk minuman soft drink. Banyak banget soft drink yang pemanisnya rata-rata high fructose corn syrup (HFCS), pemanis yang manis banget,” tutupnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: IDAI Ungkap Angka Diabetes Anak Menimbulkan Kekhawatiran 70 Persen! Ini Penyebabnya