Wisata  

Nggak Bahaya Ta… Senang-senang Saja Di Race Marathon, Kenapa Pakai BIB Bodong?



Jakarta

Pocari Sweat Run Indonesia 2024 dimanfaatkan Dari sejumlah peserta Sebagai bertindak tidak sportif. Beberapa pelari tertangkap Perekamgambar menggunakan bib atau nomor dada bodong.

Ajang lomba Berlarilah terbuka yang dihelat Di Bandung Di (21/7/2024) Bersama start dan finish Di Gedung Sate, Bandung itu disorot lantaran diikuti ribuan peserta.

Sayangnya, Pada berlari rute tidak steril Agar peserta harus berlari beriringan Bersama kendaraan bermotor. Di Di Itu, pelari diganggu Bersama suara klakson dan umpatan Bersama Pemakai jalan.


Tetapi ternyata ada kenakalan pelari yang juga muncul Di ajang itu. Yakni, pelari-pelari Bersama bib bodong. Majalah runners world menyebut sebagai bandit runner. Bisa juga disebut pelari siluman.

Beraneka siasat dilakukan pelari itu Sebagai ambil Pada Untuk Pocari Run kendati tidak Memperoleh bib resmi. Hingga Pada Ini muncul dugaan ada pemindahtanganan bib Bersama pemilik Di orang lain, bisa diserahkan secara cuma-cuma atau pun diperjualbelikan.

detikTravel menemukan salah satu influencer menggunakan nomor dada dan nama yang berbeda Pada mengecek Di hasil perlombaan. Nomor dada bisa dilihat Bersama jelas Bersama postingan sedangkan hasil perlombaan bisa langsung dicek Di situs race marathon.

Di Di Itu, ada yang diduga menggunakan joki pelari. Justru, muncul dugaan ada yang betul-betul menjadi pelari siluman, Terbaru muncul Di kilometer tertentu. Nomor dada si pelari tetap tercatat mengikuti start, tetapi dilarikan Dari orang yang berbeda.

“Awalnya memang dipindahtangankan atau dijual Di lingkup yang terbatas seperti teman dan sahabat Didekat. Jika nggak laku ya Akansegera disebar Di group-group pelari, biasanya dijual Bersama harga Perundingan,” kata salah satu Manajer running Di Evofitplus, Muhammad Rizwan, Pada diminta mengomentari Trend Populer tersebut kepada detikTravel, Rabu (24/7/2024).

Padahal, Rizwan menjelaskan bahwa bib Memperoleh pengaruh yang krusial Bersama keselamatan pelari. Sebagai salah satu persyaratan lomba, data yang ada Di nomor bib berguna ketika peserta Untuk Kemakmuran darurat.

“Lantaran gini bib setiap orang itu kan berbeda beda sesuai Bersama data diri kita ketika register suatu race. Di antaranya data diri, golongan darah, ⁠riwayat Penyakit, ⁠emergency contact yang tercantum, ⁠dan berbagai pertanyaan mengenai keselamatan peserta mengenai Penyakit dan Kemakmuran mereka Pada itu,” kata pria yang akrab disapa Wawan itu.

“Nah ketika bib ini dipindahtangankan Di orang lain maka data diri yang tertera Di bib itu Akansegera berbeda Agar, amit-amit, jika ada kejadian seperti kolaps, pingsan atau serangan jantung gitu yang memerlukan penanganan Praktisi Medis maka Akansegera susah dan merepotkan si panitia race juga,” kata dia.

Buntutnya, peralihan bib itu bisa berpengaruh Pada pelari membutuhkan golongan darah yang ternyata tidak sesuai Bersama yang terdaftar atau emergency contact yang ternyata berbeda.

Wawan menyebut perlu ada Pelatihan Bersama berbagai pihak, termasuk Bersama para influencer yang memang mengkategorikan sebagai influencer running atau influencer yang mendadak mengikuti race Berlarilah.

“Nah mengenai ini memang harus perlu Pelatihan apalagi Bersama Selebriti Instagram atau pesohor yang terkenal melakukan hal tersebut maka Akansegera banyak nanti yang ikut seperti apa yang mereka lakukan,” kata Wawan.

Sayangnya, sebagian influencer justru tidak teredukasi Bersama baik Sebelumnya membuat postingan Di feed atau pun Di story.

“Tapi Bisa Jadi si pesohor-pesohor ini belum tahu dan teredukasi mengenai bahayanya keselamatan menggunakan bib orang lain. Harusnya mereka turut mengedukasi mengenai banyaknya orang orang sekarang yang menggunakan bib bodong,” kata Wawan sekaligus merespons adanya Peristiwa Pidana pesohor yang juga dinilai menggunakan bib bodong.

Salah satu pelari Wisata Bersama Jakarta, Diana, menyebut tindakan itu tidak bisa dimaafkan. Sebab, sebagai pemilik slot sebuah race, perjuangan sudah dimulai Dari ‘war’ slot itu. Sesudah Itu, rentetan persiapan Bersama berlatih dan menyiapkan Sandalku dan jersey.

“Persiapan Sebagai mengikuti race Berlarilah iu cukup panjang, tidak bisa mendadak. Bukan soal dapat medali finisher atau bukan, tetapi bukankah niat berlari itu agar sehat? Agar badan bergerak? Bonusnya bisa ngumpul bareng teman komunitas, ketemu teman Terbaru, dan berwisata Di destinasi Di kota penyelenggaraan race,” kata Diana.

“Kalau Berlarilah Bersama bib bodong apa yang dibanggakan? Kalau urusan Kampiun kita serahkan kepada Agus Prayoga sama Odekta (Elvina Naibaho), tugas kita senang-senang Di sepanjang jalur race, sudah itu bisa berwisata Bersama happy,” Diana menambahkan.

Bandit runner atau pelari siluman itu bukan hanya muncul Di race lokal. Tetapi, juga Di Berlarilah ajang internasional.

Di 1 Mei 2024, runners world melaporkan seorang influencer pamer NYCRUNS Brooklyn Half Marathon tanpa mendaftar. Tindakannya dikecam Dari pelari rekreasional lain.

“Kami Memperoleh Pencapaian jumlah pelari Di NYCRUNS Brooklyn Half Marathon hari Minggu Bersama lebih Bersama 21,000 pelari resmi,” pernyataan panpel NYCRUNS.

“Prioritas utama kami adalah keselamatan dan Keadaan setiap pelari, dan Pengganti yang dikenakan setiap pelari adalah penyelamat mereka jika muncul masalah medis Di lapangan,” pernyataan ditambahkan.

“Berbahaya Sebagai berlari Untuk perlombaan tanpa pelindung dada, dan juga tidak adil Untuk ribuan pelari yang melakukannya,” pernyataan ditambahkan.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Nggak Bahaya Ta… Senang-senang Saja Di Race Marathon, Kenapa Pakai BIB Bodong?