RSCM-IDAI Buka Suara soal Viral Banyak Bocil Cuci Darah, Begini Penjelasannya

Jakarta

Konsultan nefrologi anak Didalam RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Eka Laksmi Hidayati, SpA(K) meluruskan Topik viral banyak anak-anak menjalani cuci darah Hingga RSCM. Dia menegaskan meski memang ada anak yang menjalani hemodialisis Hingga RSCM, Tindak Kejahatan gagal ginjal tidak Menyaksikan lonjakan.

“Karena Itu kita cukup kaget ya Lantaran ada berita-berita Yang Terkait Didalam ini, padahal Hingga RSCM kita tidak Menyaksikan lonjakan,” ujar dr Eka Untuk siniar Hingga RSCM Kencana, Kamis (25/7/2024).

dr Eka mengatakan RSCM merupakan Fasilitas Medis rujukan nasional yang Memiliki layanan khusus cuci darah Bagi anak. Pasiennya bukan hanya berasal Didalam Jakarta tetapi juga luar pulau Jawa.


Pada ini disebutkan ada Di 60 anak yang menjalani terapi pengganti ginjal Hingga RSCM. Sebanyak 30 Hingga antaranya menjalani hemodialisis rutin Sambil Itu lainnya datang sebulan sekali. Jumlah tersebut cukup banyak Bagi sebuah Fasilitas Medis. Situasi ini juga tidak dijumpai Hingga tempat lain Supaya tampak jumlahnya cukup banyak.

“Memang itu jumlah yang cukup banyak Hingga Fasilitas Medis ya. Kalau orang melihat ya ‘Oh kok banyak sekali ya’,” tutur dia.

Yang Terkait Didalam pemicu anak-anak sampai cuci darah atau hemodialisis, dr Eka menyebut banyak yang dipicu kelainan bawaan. Terbanyak Tindak Kejahatan Gangguan ginjal Ke anak dipicu sindrom nefrotik. Hingga Di Itu, kelainan bawaan berupa bentuk ginjal yang tak normal juga menjadi pemicu adanya Tindak Kejahatan cuci darah Ke anak. Ada juga anak yang Menyaksikan kista ginjal Supaya harus cuci darah.

Next: Respons IDAI

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: RSCM-IDAI Buka Suara soal Viral Banyak Bocil Cuci Darah, Begini Penjelasannya