7 Fungsi Manual Book Kendaraan Pribadi

Daftar Isi



CNN Indonesia

Manual book atau Literatur manual Kendaraan Pribadi turut dilampirkan Bersama pabrikan Di setiap lini produksi mereka. Fungsi utamanya jelas, yakni Sebagai Menyediakan segala macam informasi penting yang diperlukan Bersama pemilik kendaraan agar lebih mengenal setiap Dibagian dan juga fitur pendukung Di kendaraan atau Kendaraan Pribadi tersebut.

Akan Tetapi sayangnya, meski Memiliki fitur yang sangat penting, keberadaan Di Literatur manual Kendaraan Pribadi ini justru sering diabaikan Bersama pemilik kendaraan. Seringnya, manual book hanya menjadi hiasan Di laci penyimpanan Kendaraan Pribadi saja. Banyak pemilik Kendaraan Pribadi yang beranggapan jika semua Kendaraan Pribadi itu sama saja meski beda jenisnya, padahal itu keliru.

Selain bisa Menyediakan segala macam informasi, membaca dan memahami manual book ini juga membantu anda Sebagai Memutuskan keputusan tepat jika sewaktu-waktu kendaraan tersebut Merasakan indikasi kerusakan atau malfunction, hal yang tak Mungkin Saja didapatkan jika mengabaikan manual book.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Fungsi manual book Kendaraan Pribadi

Dilansir Di laman Go Mechanic, terdapat setidaknya 7 fungsi manual book Kendaraan Pribadi yang sangat penting dan wajib Sebagai diketahui Bersama pemilik kendaraan.

1. Mengenal spesifikasi Kendaraan Pribadi

Fungsi manual book yang pertama adalah agar pemilik kendaraan lebih mengenal Kendaraan Pribadi tersebut Bersama baik. Hal ini perlu dilakukan Sebab Kendaraan Pribadi terdiri Di ratusan Kendaraan Pribadi Anda atau ribuan komponen yang saling melengkapi satu Bersama yang lainnya. Bersama membaca Literatur manual, informasi seperti jenis bahan bakar, kapasitas mesin, jenis mesin, sistem penggerak, sistem transmisi, jenis lampu, hingga konfigurasi jok bisa didapatkan.

2. Mengetahui kapasitas dan jenis pelumas

Pelumas atau oli menjadi salah satu hal penting yang sangat mempengaruhi Kesejajaran kendaraan. Setiap pabrikan sudah Menyediakan informasi mengenai kapasitas dan juga jenis pelumas yang harus dipatuhi agar mesin tetap bekerja Bersama optimal.

Kesalahan Individu Di memilih jenis pelumas dan volume Berencana menyebabkan kerusakan Di mesin kendaraan Anda. Selain oli mesin, pemilik juga harus memperhatikan betul oli gardan dan juga Migas rem yang harus diganti secara berkala.

3. Mengetahui letak komponen penting

Setiap kendaraan tidak selalu menempatkan komponen penting kendaraan ditempat yang sama. Mengetahui letak komponen penting ini berguna jika sewaktu-waktu Anda mendapati trouble Di jalan, hingga kerusakan tidak tambah parah dan menjalar kemana-mana.

4. Letak roda cadangan

Tidak semua kendaraan meletakkan ban cadangan Di Di bagasi, ada juga beberapa tipe kendaraan yang meletakkan ban cadangan Di kolong Kendaraan Pribadi. Tak hanya letaknya saja yang berbeda, cara Sebagai Mengintroduksi ban cadangan ini pun juga berbeda Ditengah Kendaraan Pribadi satu Bersama yang lainnya. Di Samping Itu, perhatikan pula lokasi dimana posisi dongkrak dan Kunci ban.

5. Memahami indikator Kendaraan Pribadi

Fungsi manual book berikutnya adalah agar pemilik dapat memahami arti setiap lampu indikator Di Kendaraan Pribadi. Lampu indikator ini terletak Di speedometer dan umumnya berada dibalik kemudi atau Di Ditengah dashboard. Jumlah indikator Ditengah Kendaraan Pribadi satu Bersama yang lain pasti berbeda. Bersama membaca Literatur manual, anda bisa memahami arti Di setiap indikator tersebut.

6. Cara mengemudi

Selain Penanganan yang optimal, awet atau tidaknya sebuah kendaraan juga sangat dipengaruhi Bersama gaya mengemudi. Lebih baik gaya mengemudinya maka komponen Di Kendaraan Pribadi Berencana Lebih awet. Nah, Di Di manual book ini pemilik kendaraan dapat mengetahui tips dan cara mengemudi yang tepat sesuai Bersama rekomendasi pabrikan.

7. Memahami fitur tambahan

Fungsi manual book yang terakhir adalah Sebagai memahami fitur tambahan. Seperti diketahui bersama, pabrikan Berencana Menyediakan fitur yang berbeda Di setiap lini produksinya meski Di Kendaraan Pribadi Bersama jenis yang sama. Bersama membaca Literatur manual Kendaraan Pribadi, maka diharapkan pemilik dapat mengetahui apa saja dan juga bagaimana cara menggunakan fitur tambahan Di Kendaraan Pribadi tersebut.

Manual book Kendaraan Pribadi bukan hanya pelengkap pembelian saja, Akan Tetapi ini adalah semacam Literatur pedoman yang Menunjukkan seluk beluk dan tata cara merawat kendaraan secara terperinci. Bersama memahami manual book, pemilik diharapkan bisa mengetahui dan Memutuskan tindakan yang tepat jika sewaktu-waktu Merasakan masalah.

[Gambas:Video CNN]

(ahd/mik)





Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: 7 Fungsi Manual Book Kendaraan Pribadi