Wisata  

Traveler Harus Tahu, Paspor RI Bersama Desain Mutakhir Mulai Berlaku 17 Agustus 2025



Jakarta

Dirjen Perpindahan Penduduk Internasional Kementerian Hukum dan Hakasasi Manusia (Kemenkumham) Silmy Karim mengatakan pergantian desain warna paspor Indonesia Akansegera mulai diberlakukan Di 17 Agustus 2025.

Akan Tetapi, warna dan desain Mutakhir paspor Indonesia tersebut Akansegera diumumkan Di 17 Agustus ini bertepatan Bersama perayaan kemerdekaan Indonesia. Ia masih tutup mulut mengenai tampilan Mutakhir paspor.

“Ini dipersiapkan [mulai berlaku] Sebagai 2025, 17 Agustus 2025,” kata Silmy Untuk konferensi pers, Jakarta, Jumat (28/6).


“Kami umumkan ini Sebagai bikin semangat juga bahwa kami terus lakukan perbaikan,” kata dia.

Silmy menjelaskan desain Paspor Mutakhir RI nantinya Memiliki level Perlindungan yang lebih tinggi. Ia merincikan paspor tersebut bakal memakai tinta UV, pita pengamanan, hingga Ilmu Pengetahuan hologram.

Baginya, pergantian desain paspor itu mengikuti aturan internasional Sebagai lebih memperkuat Perlindungan.

“Security harus diperkuat. Ketika ganti, security salah satu aspek itu adalah warna dan Di dalamnya ada misalnya hal-hal yang memang diperlukan Sebagai proses pengecekan,” kata dia.

“Di internal kami juga semangat Sebagai beri desain terbaik dan paling aman,” tambahnya.

Ada tiga jenis paspor yang dikeluarkan Perpindahan Penduduk Internasional Indonesia Di antaranya, paspor biasa berwarna hijau tosca, paspor dinas berwarna biru, dan paspor diplomatik berwarna hitam.

Di Juni 2024, Menkumham RI Yasonna Laoly mengatakan perubahan desain dan warna paspor Sebagai Memperbaiki pengamanan. Ia menyebut paspor RI memerlukan fitur pengamanan yang lebih baik Ke Didepan.

“Memperbaiki pengamanannya, level pengamanannya kan perlu ada fitur-fitur pengamanan yang lebih baik,” kata Yasonna Di kompleks Legislatif, Jakarta, Rabu (12/6).

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Traveler Harus Tahu, Paspor RI Bersama Desain Mutakhir Mulai Berlaku 17 Agustus 2025