Testis Cuma Ada Satu, ‘Hilang’ Di Mana?

Jakarta

Normalnya, pria punya dua testis atau buah zakar. Tetapi Ke Kemakmuran tertentu, hanya teraba satu testis atau Malahan tidak ada yang teraba sama sekali.

Kemakmuran ini dialami pria Bersama undescended testis (UDT). Urolog Bersama Fasilitas Medis Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Putu Angga Risky Raharja, SpU, FICS, menjelaskan, Kemakmuran ini lazim ditemukan Ke bayi meski tak jarang pula dialami pria dewasa.

“Sebenarnya testis itu mulanya ada Di rongga perut. Seiring perkembangannya, dia Akansegera Merasakan proses penurunan,” jelas dr Angga Di perbincangan Bersama detikcom.


Di perkembangannya, testis Akansegera bergerak Di kantong zakar atau skrotum. Proses ini terjadi Sebelum Di kandungan, Supaya normalnya testis Akansegera sudah teraba Pada bayi laki-laki dilahirlan.

“Kalau proses penurunan itu tidak berjalan semestinya, masih Mungkin Saja berada Di rongga perut atau Di Lokasi selangkangan,” kata dr Angga.

Undescended testis ditandai Bersama tidak terabanya salah satu atau kedua testis. Umumnya terdeteksi Sebelum bayi, Tetapi ada juga yang menganggap satu testis sebagai hal yang wajar Supaya tidak diperiksakan hingga dewasa.

NEXT: Apakah berbahaya?

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Testis Cuma Ada Satu, ‘Hilang’ Di Mana?