5 Tempat Makan Sambal Seruit yang Enak dan Bikin Nagih

Jakarta

Berasal Di Lampung, sambal seruit punya cita rasa pedas nendang. Ke lima tempat makan ini ada menu sambal seruit yang rasanya bikin nagih.

Seruit merupakan Konsumsi khas Lampung. Hidangan ini merupakan perpaduan Di ikan dan sambal. Bahan-bahan utamanya adalah ikan, sambal terasi, tempoyak (durian fermentasi), mangga, serta lalapan. Semuanya dicampur menjadi sambal beraroma khas. Rasanya yang asam, pedas, dan segar nikmat disantap bersama nasi hangat.

Istilah yang dipakai Untuk merujuk makan seruit adalah ‘nyeruit’. Nyeruit berarti makan bersama keluarga maupun Kelompok Didalam hidangannya berupa seruit. Hidangan seruit biasanya disantap bersama nasi, ikan pindang, dan lalapan sayuran. Lalapannya dapat berupa timun, petai, kemangi, kol, dan tomat.


Didalam sejumlah lauk yang ada Di seruit, cita rasanya disebut ‘ramai’. Di artian, ada rasa pedas, asam, serta asin Di satu hidangan.

Nah, Untuk yang penasaran Didalam cita rasa seruit kini tak perlu jauh-jauh Ke Lampung. Ke Jakarta dan sekitarnya ada beberapa tempat makan yang menyajikan sambal seruit enak. Berikut rekomendasinya.

1. Sambal Seruit Indonesia

Terletak Ke kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, ada Sambal Seruit Indonesia. Tempat makan ini bisa dibilang sebagai penyaji sambal seruit autentik pertama Ke Jakarta. Rasa sambal Ke sini mirip Didalam sambal seruit Ke Lampung.

Semua bahan-bahan makanannya masih didatangkan langsung Di Lampung Untuk menjaga keaslian rasanya. Salah satunya tomat rampai yang berukuran kecil dan masih jarang ditemukan Ke Jakarta.

Sambil Itu Untuk lauk pendamping makan sambal seruit ada ayam kampung goreng, pindang baung, bebek bakar, paru goreng sampai terong goreng ada Ke sini. Kisaran harganya Di Rp 16.000 saja.

2. Sambel Seruit Uhuuuy!

Ke kawasan Tebet, Jakarta Selatan ada warung makan sederhana yang terkenal menyajikan menu sambal seruit khas Lampung. Sekilas tampilan Konsumsi yang ada Ke sini mirip seperti Nasi Tempong khas Banyuwangi.

Akan Tetapi yang membedakannya jelas sambal seruit Didalam tomat rampai khas Lampung yang dibuat dadakan. Untuk menu andalannya ada paket Ikan Nila Goreng, lengkap Didalam lalapan rebus, tahu, tempe, nasi dan sambal seruit.

Setelahnya Itu ada juga paket sambal seruit Didalam lauk tempe, lele, terong penyet, tempe penyet sampai bisa ceker ayam dan ikan gabus. Kisaran harga per paketnya Di Rp 36.000.

3. Nyambel Rampai Geh

5 Tempat Makan Sambal Seruit yang Enak dan Bikin Nagih Foto: Site Culinary/Visual

Sudah punya cabang Ke mana-mana, gerai Nyambel Rampai Geh spesialis menyajikan sambal khas Lampung yang enak. Selain sambal rampai, Ke sini juga menjual sambal seruit yang dipadukan Didalam berbagai lauk yang bikin ngiler.

Misalnya menu Lele Sambal Seruit dan Ikan Bawal Seruit yang per porsinya harga Rp 31.000. Lalu tersedia juga menu Ayam Sambal Seruit yang porsiannya besar dan sambalnya tak pelit Didalam harga Rp 44.000.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 5 Tempat Makan Sambal Seruit yang Enak dan Bikin Nagih