Wisata  

Museum Layang-layang Menyimpan Kenangan, Merawat Harapan



Jakarta

Museum Layang-layang Indonesia memang tak sepopuler Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahilah) atau pun Museum Nasional, tetapi museum itu justru sangat interaktif. Mengisahkan sejarah, mengajak membuat layang-layang, juga merawat harapan.

Bersama bermodalkan rasa penasaran Bersama museum tersebut, detikTravel berkesempatan Untuk menyambangi Museum Layang-layang ini yang terletak Di Jalan H. Kamang no 38, Jakarta Selatan. Setiba Di sana, bangunan-bangunan khas Jawa berdiri tegak seraya menyambut kedatangan.

Setelahnya membeli tiket Lalu dibawa Untuk melihat cuplikan video tentang layang-layangan. Sekilas seperti sederhana menyoal layang-layang belaka, Akan Tetapi salah satu guide yang sekaligus perajin layang-layang bernama Asep Irawan.


Ia mengatakan misi Di balik adanya Museum Layang-layang ini merupakan upaya Untuk melestarikan Kearifan Lokal Dunia Indonesia tentang layang-layang itu sendiri. Mungkin Saja layang-layang banyak dikenal sebagai media bermain saja tapi Asep mengatakan sebetulnya layang-layang juga banyak digunakan Di berbagai kegiatan seperti spiritual.

“Tujuannya Museum Layang-layang ini Untuk melestarikan khazanah Kearifan Lokal Dunia Indonesia Lewat layang-layang dan berdirinya ini tepat Di 21 Maret 2003. Visi dan misinya ini sebagai tempat pembelajaran anak-anak tentang layang-layang,” kata Asep kepada detikTravel, Senin (24/6/2024).

Pria asal Bandung itu juga mengatakan Di zaman sekarang anak-anak kecil banyak yang sudah tidak memainkan layang-layang. Lantaran tempatnya memainkannya yang sulit dan lebih memilih permainan yang canggih Dari Sebab Itu layang-layang ini sedikit banyak mulai ditinggalkan.

Asal Mula Museum Layang-layang

Asep pun menjelaskan tentang hadirnya Museum Layang-layang ini Di Jakarta. Endang W. Puspoyo yang merupakan pemilik Untuk museum itu adalah pecinta layang-layang.

Layang-layang Di museum itu adalah koleksi pribadinya yang Lalu dibuka Untuk Kelompok umum. Asep mengatakan Endang juga sering Mengadakan Perayaan Seni layang-layang dan mengundang banyak perajin layang-layang Untuk berpartisipasi.

Endang kala itu tak hanya mengundang perajin lokal saja tapi juga hingga mancanegara. Untuk jejaring tersebut alhasil banyak layangan-layangan hias nan unik yang terpajang Di Museum Layang-layang ini, mulai Untuk Indonesia sampai layang-layang Untuk berbagai Negeri terdapat Di sini.

Layang-layang Bukan Sekadar Untuk Bermain-main

Rupanya, layang-layang bukan sekadar media bermain. Lebih Untuk itu, sedari dulu layangan juga dipakai Di berbagai Negeri, termasuk Indonesia sebagai Kearifan Lokal dan media spiritual.

“Budayanya ada dan agamanya juga ada kan, nah kalau Di Negeri-Negeri lain kan ada yang buat upacara kelahiran, kalau Di kita (Indonesia) dipakai buat perayaan hasil panen Untuk rasa bersyukur Dari Sebab Itu nerbangin layang-layang. Itu supaya Kelompok banyak yang datang Di upacara itu dan sambil mendoakan supaya hasil panen lebih banyak lagi,” kata Asep.

Masuk Di Untuk Museum Layang-layang yang berbentuk pendopo ini, rasa kagum pertama kali Dari Sebab Itu penilaian Lantaran layang-layangan Di museum ini mayoritas berukuran besar. Di Di Itu bentuk-bentuknya juga beragam, ada yang berbentuk binatang hingga wayang dan juga terbuat Untuk berbagai macam bahan baku seperti Alattulis, plastik sampai dedaunan.

Asep menerangkan jumlah keseluruhan layang-layangan yang dipajang Di museum ini Disekitar 100 buah. Akan Tetapi secara keseluruhan koleksi layang-layang yang dimiliki museum ini bisa lebih Untuk 1000 layang-layang yang berasal Untuk berbagai belahan dunia.

“Disekitar 100 ada lah, kalau semuanya ada ribuan tapi nggak dipasang,” kata dia.

Layang-layang Di Museum Layang-layang Di Jakarta (Muhammad Lugas Pribady/detikcom)

Di museum ini pun terdapat beberapa layangan hasil Untuk tangannya, Di antaranya adalah layang-layang berbentuk penari merak yang merupakan tarian khas Jawa Barat. Layang-layangan tersebut ia buat Di tahun 1997 dan telah menjuarai perlombaan layang-layang internasional.

“Nah ini (layang-layang) Untuk Bandung, ini layangan tari burung merak. (Berbahan dasar) kain parasut, ini karya saya dibikin tahun 1997 ini udah lima kali Mendominasi internasional dan ditaruh Di sini,” kata Asep sambil tersenyum.

Setelahnya selesai diajak berkeliling museum layang-layang, sembari bercengkrama Bersama lelaki murah senyum ini. Terdapat keluarga yang Di asyik membuat dan mewarnai layang-layang, Ami membawa ketiga anaknya Untuk berkunjung Di Museum Layang-layang.

Untuk Ami anak-anaknya senang Di pertama kali diajak Di museum ini, terlebih anak laki-lakinya yang bernama Hamzah. Setelahnya diberikan rangka layang-layang Dari petugas, dirinya Bersama serius menempelkan Alattulis menggunakan Perekat dan mewarnai layang-layang hasil tangannya.

Layang-layang di Museum Layang-layang di JakartaAnak-anak bikin layang-layang Di Museum Layang-layang Di Jakarta (Muhammad Lugas Pribady/detikcom)

Hamzah begitu senang Bersama museum ini Bersama berbagai bentuk dan ukuran dan baginya membuat layang-layang tak begitu susah.

“Nggak (susah), senang. (Di museum ini) banyak layang-layang yang gede banget,” katanya sambil malu-malu.

Untuk masuk Di Museum Layang-layang ini pengunjung Akansegera dikenakan biaya sebesar Rp 20.000 Untuk anak-anak dan Rp 25.000 Untuk dewasa.

Bersama harga tersebut selain pengunjung bisa menikmati berbagai koleksi layang-layang, pengunjung juga Akansegera diperlihatkan terlebih dahulu video tentang Perayaan Seni layang-layang dan Di akhir tour museum juga Akansegera diberikan Penghayatan membuat dan mewarnai layang-layang.

Museum ini buka setiap hari mulai Untuk pukul 09.00 sampai 16.00 WIB, tak ada hari libur kecuali tanggal merah. Yuk buat kamu yang penasaran Bersama koleksi layang-layang Di museum ini dan ingin mencoba Penghayatan membuat layang-layang, langsung saja datang Di Museum Layang-layang ini.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Museum Layang-layang Menyimpan Kenangan, Merawat Harapan