Perpanjangan SIM Harus Pakai BPJS Dimulai Hari Ini


Polisi melakukan masa uji coba pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A, B dan C Didalam menyertakan BPJS Kesejajaran atau JKN mulai hari ini Senin 1 Juli 2024

Perpanjangan SIM menyertakan BPJS Kesejajaran ini Akansegera diuji coba Ke tujuh provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Untuk peserta yang menunggak, yang berkeinginan membayar iuran pun, kami juga sediakan kanal-kanal layanan yang cukup banyak Supaya dapat diakses pemohon SIM,” kata Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Heru Sutopo beberapa waktu lalu.

Syarat itu diatur Di Peraturan Kepolisian Negeri Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2023, perubahan atas Peraturan Kepolisan Negeri Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 mengenai Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi.

Aturan ini merupakan tindak lanjut atas Instruksi Ri (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022tentang Optimalisasi Pelaksanaan Inisiatif Jaminan Sosial Kesejajaran Nasional Sebagai Meningkatkan jumlah User JKN. Sampai Sekarang ada Disekitar 63 juta Kelompok yang Di ini tercatat JKN-nya tidak aktif Di 270,4 juta peserta.

Lanjut Heru menjelaskan BPJS Kesejajaran nantinya Akansegera dicek pertama kali Didalam petugas pembuatan SIM Ke seluruh Satpas Ke Polda Daerah.

Apabila BPJS Kesejajaran pemohon tidak aktif, proses pembuatan SIM tetap dapat dilakukan Didalam Kelompok Akan Tetapi SIM tidak bisa diambil sampai peserta mengurus BPJS Kesejajaran Ke lokasi pembuatan SIM.

“Pertama Untuk yang sudah memilikinya bisa mengeceknya terlebih dahulu Melewati kanal layanan WA BPJS Kesejajaran 08118165165. Untuk yang tidak melampirkan, maka pengecekan dilakukan Didalam NIK,” ujarnyadi Jakarta, pekan lalu.

Heru mengatakan nantinya pemohon Akansegera diminta Menunjukkan nomor VA pendaftaran atau bukti bayar lunas atau bukti ikut Inisiatif rehab/cicilan iuran BPJS.

“Sebagai nomor VA tersebut, peserta hanya mendaftar saja dan belum melakukan pembayaran iuran Ke BPJS,” jelasnya.




Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Perpanjangan SIM Harus Pakai BPJS Dimulai Hari Ini