Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie Meninggal, Praktisi Medis Jantung Ungkap Kemungkinannya

Jakarta

Media sosial diramaikan soal meninggalnya salah satu Olahragawan badminton muda bernama Zhang Zhi Jie asal China yang tiba-tiba roboh Di lapangan. Kejadian ini terjadi ketika Zhi Jie berlaga Di Liga Badminton Asia Junior atau Badminton Asia Junior Championships 2024 Di Yogyakarta, Indonesia.

Insiden tersebut terjadi Ke Minggu (30/6) Ke laga ketiga yang mempertemukan wakil China dan Jepang. Berlangsung Di GOR Among Raga, Zhie Jie tiba-tiba saja roboh dan Merasakan kejang.

Spesialis jantung dr Berlian Idriansyah Idris, SpJP mengatakan kematian mendadak seperti dialami Zhang Zhi Jie bisa terjadi Antara lain Lantaran adanya gangguan irama jantung atau henti jantung. Lanjut dr Berlian, kejang-kejang yang dialami Zhang Zhi Jie termasuk Di Di Protes lanjutan Bersama henti jantung itu sendiri.


“Ada kemungkinan Olahragawan tersebut Merasakan gangguan irama jantung. Seperti yang dialami Christian Eriksen Olahragawan sepak bola profesional asal Denmark (Di Euro 2020),” ujar dr Berlian kepada detikcom, Senin (1/7/2024).

dr Berlian menambahkan, baik Olahragawan dan non-Olahragawan Memperoleh risiko yang sama besarnya Yang Berhubungan Bersama henti jantung. Akan Tetapi, yang membedakan Situasi tersebut adalah penyebabnya.

“Ke Olahragawan, henti jantung lebih banyak terjadi Lantaran gangguan irama jantung. Akibat jantung dipacu Bersama sangat intens ketika Latihan. Sambil Itu Ke non-Olahragawan penyebab henti jantung tersering adalah serangan jantung akibat Gangguan jantung koroner,” kata dr Berlian.

Lebih Jelas, dr Berlian menekankan seseorang yang tiba-tiba roboh Lantaran henti jantung harus segera diberikan pertolongan Bersama cepat. Salah satu cara menolongnya adalah Bersama resusitasi jantung paru (RJP).

“Apapun penyebabnya, penderita henti jantung mendadak harus diresusitasi segera. Hal ini tidak terlihat dilakukan Ke Olahragawan Badminton tersebut (Zhang Zhi Jie),” tegas dr Berlian.

“Sekiranya dilakukan Bersama cepat dan tepat (RJP), seperti Ke Christian Eriksen, sangat Mungkin Saja Zhang Zhie Jie bisa diselamatkan,” sambungnya.

NEXT: Tanda-tanda yang perlu diwaspadai

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie Meninggal, Praktisi Medis Jantung Ungkap Kemungkinannya