Durian Vulkanik Thailand Dari Sebab Itu Incaran, Daftar Tunggunya Sampai Setahun!


Jakarta

Muncul varietas durian vulkanik asal Thailand yang menjadi incaran banyak orang. Malahan, perlu masuk daftar tunggu setahun Sebagai dapat makan durian ini. Apa istimewanya?

Thailand menjadi salah satu Negeri produsen dan eksportir durian terbesar Hingga dunia. Disebut-sebut, setiap tahunnya Negeri ini memproduksi lebih Didalam 800.000 ton buah durian.

Banyak varietas durian unggulan Didalam Thailand, mulai Didalam Monthong, Chanee (Kani), Kanyao, hingga Thong Yod. Akan Tetapi, muncul varietas unggulan Mutakhir yang sudah menjadi incaran banyak orang, namanya durian vulkanik.


Durian vulkanik secara eksklusif tumbuh dan dipanen Hingga Daerah Thailand Selatan. Durian ini juga telah Menyambut sertifikasi GAP yang menjamin Keselamatan dan kualitasnya.

Varietas ini muncul berawal Didalam kebun buah milik Saiyut Jannsawang Hingga desa Na Khao, provinsi Thang, Thailand.

Durian vulkanik menjadi salah satu incaran banyak orang. Foto: KhaoSod

Saiyut adalah pensiunan pejabat Agrikultur yang beralih menjadi petani durian. Kini ia mengelola perkebunan seluas 15 rai atau sama Didalam 60,705 meter persegi.

Kebun milik Saiyut juga menjadi kebun pertama yang membudidayakan durian tanah vulkanik.

Menjadi satu-satunya kebun buah Hingga Daerah tersebut yang telah Merasakan sertifikasi GAP (Good Agricultural Practices) Didalam Departemen Penyuluhan Agrikultur. Diverifikasi sebagai kebun durian bebas bahan kimia.

Hingga kebun buah durian ini terdapat 220 pohon durian, termasuk varietas, seperti Monthong, Chanee, Kan Yao, Nok Krachib, Long Lap Lae, dan Puang Manee.

Akan Tetapi, Lantaran kekeringan yang terjadi Mutakhir-Mutakhir ini, hanya Disekitar 130 pohon yang berbuah tahun ini. Agar, Mengurangi hasil panen mereka sebesar 30%, lapor thethaiger.com (27/06/2024).

Walaupun begitu, mereka telah berhasil memanen durian Monthong pertama Hingga musim ini yang beratnya Di 3 dan 6 kilogram. Buah tersebut dijual Didalam harga 230 baht atau Disekitar Rp 106 ribu per kilogram.

Terlepas Didalam durian Monthong, salah satu varietas unggulan Didalam kebun buah ini adalah durian vulkanik. Dinamakan durian vulkanik Lantaran ditanam Hingga tanah yang mengandung zat potassium bekas letusan gunung berapi.

Dari tahun lalu, lebih Didalam 300 pelanggan telah memesan durian ini. Mereka tertarik Lantaran teksturnya yang lembut, rasanya lezat, kulit tipis, dan biji durian yang kecil.

Kebun buah ini selalu ramai pengunjung Lantaran pelanggan yang tertarik Sebagai membeli varietas durian vulkanik.

Saiyut Membeberkan, panen yang dipersiapkan tahun ini Disekitar 5.000 durian Didalam 130 pohon. Metode Agrikultur durian vulkanik organik telah Meningkatkan hasil panen dua kali lipat Didalam berat setiap buah Di 3 sampai 6 kilogram.

Akan Tetapi, tingginya permintaan membuat pasokan tidak mencukupi, terutama Didalam adanya 300 pesanan yang masuk daftar tunggu Didalam tahun lalu, lapor The Thaiger.

Keistimewaan durian vulkanik ini menjadi daya tarik tersendiri Bagi banyak pecinta durian. Durian vulkanik Memiliki kulit atau cangkang yang tipis, Didalam ketebalan Disekitar setengah centimeter saja. Aromanya juga tidak terlalu menyengat.

Teksturnya creamy dan lumer Hingga mulut, tidak berserat. Rasanya juga terkenal manis creamy yang seimbang. Karenanya menjadi lebih lezat dua kali lipat dibandingkan durian Monthong biasa.

Pelanggan yang telah mencicipi buah ini menggambarkannya sebagai buah sangat lezat. Agar, memicu tingginya permintaan Pada durian vulkanik.

Belum diketahui harga pasti Didalam durian tersebut. Akan Tetapi, menurut inilah.com (21/04/2024), durian vulkanik atau Khantarak sempat terjual Didalam harga 150.000 baht atau setara Didalam Rp 66 juta Di Peristiwa lelang Hingga Provinsi Si Sa Ket.

Sudah dua tahun mereka menawarkan Pengalaman Hidup makan durian Didalam menjual durian yang jatuh Didalam pohon.

Harga Durian di Singapura  Rp 700 Ribu per Kg, Tetap Laris Manis!(Gambar hanya illustrasi) Durian menjadi salah satu buah Kandidatteratas banyak orang, yang bisa ditemui Hingga Thailand. Foto: Site News

Mereka juga menawarkan durian yang sudah dikupas agar pelanggan dapat mencicipinya Sebelumnya membeli. Memastikan pelanggan dapat memeriksa dan menukar buah yang rusak.

Perkebunan ini diperkirakan bisa memproduksi Disekitar 4.000 hingga 5.000 kikiogram durian. Menghasilkan pendapatan lebih Didalam 1 juta baht (Rp 445 juta), Walaupun memang target awal mereka lebih Didalam itu, Disekitar 3 juta baht (Rp 1 M).

Tidak diketahui secara pasti bagaimana cara memesan buah durian vulkanik ini. Tampaknya pengunjung perlu datang langsung Hingga kebun. Pembeli yang masuk daftar tunggu juga tampaknya adalah mereka yang sudah pernah berkunjung Hingga kebun tersebut.

Sebagai berkunjung Hingga kebun durian dan mencoba durian jenis ini Hingga Thailand, menurut pencarian detikFood, orang Indonesia bisa ikut paket travel tur Didalam Durian Traveler. Mereka seringkali membuka trip khusus pergi Hingga kebun durian Hingga Thailand.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Durian Vulkanik Thailand Dari Sebab Itu Incaran, Daftar Tunggunya Sampai Setahun!