Benarkah Cuaca Panas Berisiko Picu Batu Ginjal? Ahli Kemakmuran Urologi Jelaskan Faktanya


Jakarta

Batu ginjal adalah endapan keras yang terbuat Di mineral dan garam yang terbentuk Hingga Di ginjal. Batu ginjal dapat memengaruhi Dibagian mana pun Di saluran kemih, mulai Di ginjal hingga kandung kemih.

Seringkali, batu terbentuk ketika urine menjadi pekat, memungkinkan mineral mengkristal dan saling menempel. Dikutip Di laman Kementerian Kesejajaran RI, Asupan Hidangan, kelebihan berat badan, beberapa Situasi medis, dan Pendukung Kesehatan serta Terapi- obatan tertentu merupakan penyebab batu ginjal.

Tetapi selain sejumlah penyebab tersebut, tak sedikit juga yang mengaitkan cuaca panas Bersama risiko batu ginjal. Lantas, bagaimana faktanya?


Spesialis urologi Di Fasilitas Medis Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Putu Angga Risky Raharja, SpU, FICS, menjelaskan cuaca panas bukanlah penyebab langsung Di batu ginjal.

Menurutnya, cuaca panas dapat Meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal Sebab faktor dehidrasi.

“Karena Itu bukan penyebab langsung,” ucapnya Pada ditemui Hingga Jakarta Barat, Jumat (28/6/2024).

Pada cuaca panas, seseorang cenderung berkeringat lebih banyak dan Mengeluarkan lebih banyak cairan tubuh.

Asupan air yang tidak mencukupi dapat membuat cairan tubuh lebih terkonsentrasi Bersama mineral Hidangan, seperti kalsium dan dapat Meningkatkan risiko batu ginjal.

“Cuaca panas lebih menyebabkan pasiennya dehidrasi, minumnya kurang, nah itu faktor risiko batu ginjal,” lanjutnya lagi.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Benarkah Cuaca Panas Berisiko Picu Batu Ginjal? Ahli Kemakmuran Urologi Jelaskan Faktanya