Data Apa Saja Harus Dibawa Di Bikin SIM Pakai BPJS?


Sejumlah dokumen harus disiapkan Untuk memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) selain menyertai kartu BPJS Kesejajaran.

Kebugaran ini berkenaan Didalam diwajibkannya individu yang hendak memperpanjang SIM A, B dan C Untuk uji coba yang efektif mulai 1 Juli hingga 30- September 2024.

Uji coba perpanjangan SIM pakai BPJS Kesejajaran ini diterapkan Ke tujuh Daerah Provinsi yaitu Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal ini berdasarkan Peraturan Kepolisian Bangsa Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2023, atas perubahan Peraturan Kepolisan Bangsa Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 mengenai Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi.

Regulasi ini adalah tindak lanjut Untuk Instruksi Pemimpin Negara (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Langkah Jaminan Sosial Kesejajaran Nasional. Tujuannya Untuk Meningkatkan jumlah Pemakai JKN.

Di ini, Disekitar 63 juta Untuk 270,4 juta peserta tercatat Memperoleh status JKN yang tidak aktif.

Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Heru Sutopo menjelaskan bukti keikutsertaan BPJS Kesejajaran yang dicek pertama kali Dari petugas pembuatan SIM Hingga seluruh Satpas Hingga Polda Daerah.

“Pertama Untuk yang sudah memilikinya bisa mengeceknya terlebih dahulu Melewati kanal layanan WA BPJS Kesejajaran 08118165165. Untuk yang tidak melampirkan, maka pengecekan dilakukan Didalam NIK,” ujarnya kepada wartawan Ke Juni lalu.

Lanjutnya, apabila status BPJS Kesejajaran tidak aktif, proses pembuatan SIM tetap dapat dilakukan Dari Komunitas. Tetapi SIM yang dibuat tidak bisa diambil sampai nantinya peserta tersebut mengaktifkan BPJS.

Ia menjelaskan nantinya Komunitas Berencana diminta Untuk Menunjukkan nomor Virtual Account (VA) pendaftaran atau bukti bayar lunas atau bukti ikut Langkah rehab/cicilan iuran BPJS.

Tetapi memperpanjang SIM tidak hanya diperlukan BPJS Kesejajaran saja. Sejumlah data juga wajib disertakan Untuk melanjutkan prosesnya.

Berikut ini syarat-syarat yang harus dilengkapi Sesudah proses pengecekan BPJS Kesejajaran selesai:

Syarat perpanjangan SIM

– Melampirkan SIM lama Didalam fotokopinya

– Melampirkan KTP dan fotokopi

– Surat keterangan sehat Untuk Ahli Kebugaran yang bermitra Didalam Satpas tersedia pula Didalam lakukan tes Kesejajaran Hingga Satpas, Simling, atau SIM corner. Untuk perpanjangan SIM secara daring, surat keterangan sehat bisa diperoleh Melewati situs atau Langkah e-Rikkes.

– Surat keterangan lulus tes psikologi Sesudah ikuti uji tes secara langsung Hingga Satpas, SIM Corner, atau Kendaraan Pribadi Simling. Tes psikologi dapat dilakukan Didalam daring ePPsi SIM atau Langkah ePPSi SIM.

[Gambas:Video CNN]




Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Data Apa Saja Harus Dibawa Di Bikin SIM Pakai BPJS?