Bisnis  

Taksi Terbang Bersiap Uji Coba Ke IKN, Kemenhub: Perlu Kajian

Taksi terbang bersiap melakukan uji coba Ke Ibu Kota Nusantara (IKN) yang sekaligus menjadi rangkaian agenda penyelenggaraan upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-79 Ke IKN. Foto/Dok

JAKARTATaksi terbang bersiap melakukan uji coba Ke Ibu Kota Nusantara (IKN) yang sekaligus menjadi rangkaian agenda penyelenggaraan upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-79 Ke IKN.Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Capt. Sigit Hani Hadiyanto mengatakan, Wacana uji coba taksi terbang Ke IKN itu nantinya tidak Berencana terbang terlalu tinggi Supaya tidak mengganggu ruang udara Ke IKN sendiri.

“Karena Itu pihak penyedia atau apapun operatornya (taksi terbang) Berencana menggunakan ruang udara yang tidak bersinggungan Bersama ruang udara Bagi pesawat udara berawak, itu bisa dilakukan,” ujar Sigit Pada ditemui Ke Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Supaya nantinya, pemanfaatan ruang udara yang digunakan Bagi pesawat komersial Berencana dipisahkan Bersama pengoperasian uji coba taksi terbang yang juga Berencana dilaksanakan Ke IKN. Sebab hingga Pada ini Ke Indonesia sendiri belum ada regulasi yang mengatur soal operasi taksi terbang sebagai moda transportasi Terbaru.

“Secara prinsip, Pada ini policynya Kementerian Perhubungan kalau Yang Terkait Bersama Bersama wahana udara tidak berawak atau UAM atau taksi terbang atau apapun adalah menggunakan mekanisme antisipasi segregated,” sambungnya.

Supaya pengoperasian taksi terbang Ke IKN Hingga Pada Ini hanya sebatas pameran Konsep dan uji coba. Sedangkan Bagi komersialisasi masih memerlukan kajian mendalam, utamanya soal pemanfaatan ruang udara Sebelumnya sudah terisi Bersama penerbangan-penerbangan komersil.

“Tentunya perlu kajian yang komprehensif mengenai hal tersebut Sebab Konsep taksi terbang ini juga satu hal yang masih dicermati Ke seluruh dunia. ICAO (International Civil Aviation Organization) sebagai penjuru regulasi penerbangan juga masih melakukan kajian-kajian mengenai hal itu. Karena Itu kita juga merujuk kepada hal tersebut,” sambungnya.

Sekedar informasi tambahan, Pada ini salah satu perusahaan asal Korea Selatan Ke bawah perusahaan Mobil Hyundai berencana Menyusun taksi terbang Ke IKN. Taksi terbang berjenis Optionally Piloted Personal/Passenger Air Vehicle (OPPAV) merupakan kendaraan yang dikembangkan Bersama Korea Aerospace Research Institute (KARI) dan Mobil Hyundai Motors Company (HMC).

Moda transportasi udara Terbaru itu targetnya Berencana masuk tahap uji coba, Berencana Berencana menjadi cikal bakal Pembaruan moda transportasi umum Ke IKN.

Sesudah uji coba KARI selesai, Mobil Hyundai merencanakan Bagi mengembangkanskema Usaha Untuk Melewati Supernal, perusahaan Bersama Mobil Hyundai Kendaraan Bermotor Roda Dua Group Ke Amerika Serikat yang Menyusun pesawat mobilitas udara perkotaan. Pembaruan tersebut yang nantinya Berencana dikomersialkan, serta dilanjutkan hingga Pembaruan Keahlian penerbangan autonomous.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Taksi Terbang Bersiap Uji Coba Ke IKN, Kemenhub: Perlu Kajian