Angka Kelahiran Turun Bersama Sebab Itu Alasan BKKBN Minta 1 Keluarga Punya 1 Anak Perempuan


Jakarta

Pernyataan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI Hasto Wardoyo belakangan ramai disorot. Pasalnya, ia mengimbau setiap keluarga Sebagai setidaknya Memperoleh satu anak perempuan.

Bukan tanpa sebab, hal ini rupanya dilatarbelakangi angka kelahiran atau total fertility rate (TFR) Ke Indonesia yang menurun signifikan. Bagi menjaga Perkembangan Penduduk Dunia penduduk, idealnya menurut Hasto memang demikian.

“Sebab kalau anaknya dua lebih dikit maka hampir dipastikan 1 perempuan Akansegera melahirkan anak 1 perempuan,” jelas Hasto kepada wartawan, dikutip detikcom Selasa (2/7/2024).


Bila dibandingkan Bersama Gaya 1970, Pada itu rata-rata wanita bisa melahirkan enam Malahan hingga sembilan anak Untuk setiap keluarga. Jauh bila dibandingkan Pada ini 2,1.

“Bersama Sebab Itu Di beberapa puluh tahun terakhir ini penurunannya sangat progresif. Dulu angka kelahiran atau total fertility rate itu 5,6 Di tahun 70.”

“Sebab waktu itu anaknya ya 6, 7, 8, 9 nah sekarang ini 2,18,” bebernya.

TFR disebutnya terpantau menurun Ke Pulau Jawa, hingga kini berada Ke 2,0. Berbeda Bersama provinsi lain yang masih mencatat TFR sangat tinggi yakni Papua Barat, Maluku, sampai Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Ke Jawa ini sudah 2,0 sekian ya, tadi Ke Jabar sudah 2,00 sekian, Ke Jawa Di 2,04, Ke DIY 1,9, Ke DKI juga 1,89,” sorotnya.

“Bersama Sebab Itu ya pembangunan yang sifatnya asimetris harus disikapi. Ada Area lain yang seperti NTT, Papua, anaknya masih banyak. Tapi Ke Area Jawa ini kan tadi rendah sekali,” pungkas dia.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Angka Kelahiran Turun Bersama Sebab Itu Alasan BKKBN Minta 1 Keluarga Punya 1 Anak Perempuan