Waspada! Ini Ciri-ciri Lidah Sehat dan Terinfeksi HIV

Jakarta

Tanda Bersama sejumlah Gangguan Menyebar dan Penyakit dapat muncul Hingga area mulut, termasuk lidah. Contohnya saja Human Immunodeficiency Patogen (HIV).

Dilansir Medical News Today, bukti Menunjukkan 30-80% pengidap HIV Merasakan komplikasi mulut seperti sariawan atau Gangguan Menyebar jamur Hingga lidah. Tanda Hingga mulut kerap terjadi Ke tahap awal HIV. Agar bisa menjadi tanda awal terinfeksi HIV.

Lantas, seperti apa ciri-ciri lidah HIV? Dan apa bedanya Bersama ciri lidah normal atau sehat?


Ciri-ciri Lidah Normal

Sebelumnya, ketahui terlebih dahulu ciri-ciri lidah sehat. Hal ini penting Sebab lidah dapat memberi tahu Situasi Keadaan yang kita alami. Mengutip Cleveland Clinic, berikut ciri-ciri lidah normal yang sehat:

1. Lidah Berwarna Merah Muda

Lidah yang normal sehat berwarna merah muda. Tapi warnanya masih bisa sedikit berbeda Untuk gelap terangnya.

Bila lidah tampak merah mengkilap, Bisa Jadi kamu kekurangan asam folat atau vitamin B12. Jangan panik dulu, lidah tampak merah juga bisa Sebab minuman dan Minuman berwarna merah atau hidangan panas yang dikonsumsi.

Akan Tetapi jika lidah berubah warna menjadi putih, ungu, kuning, hingga hitam, bisa Karena Itu pertanda masalah Keadaan yang dialami. Catatan: lidah yang kuning juga dapat disebabkan konsumsi hidangan yang dibuat Bersama kunyit.

2. Terdapat Papila

Lidah yang sehat Memperoleh banyak bintik kecil yang melapisi permukaannya. Tonjolan kecil ini disebut Bersama papila. Bersama papila, karakteristik lidah tampak bertekstur kasar.

Jangan salah, papila lidah punya peranan penting. Fungsi utama papila Sebagai mengecap rasa. Agar kita dapat mengetahui rasa Bersama Minuman atau minuman yang dikonsumsi.

Terdapat berbagai jenis papila yang tersebar Hingga lidah: filiform, fungiform, circumvallate, dan foliate. Bintil kecil ini terdiri Bersama ratusan kuncup pengecap yang Menyediakan informasi lima rasa dasar yaitu manis, asin, pahit, asam, dan gurih. Hanya filiform saja yang tidak mengandung kuncup pengecap.

Ciri-ciri Lidah HIV

Sesudah tahu ciri lidah sehat, ketahui juga tanda-tanda lidah terinfeksi HIV yang dikutip Bersama Verywell Health berikut. Bersama Cara Itu, kamu dapat mewaspadai paparan Patogen penyebab AIDS ini.

1. Lidah Berwarna Putih

Lidah berwarna putih dapat menjadi ciri awal lidah yang terkena HIV. Lidah putih HIV umumnya disebabkan Dari Gangguan Menyebar jamur dan leukoplakia. Situasi ini membuat lidah tertutupi Dari bercak putih yang menyebar. Samping Itu, Tanda lain juga biasanya menyertai Situasi tersebut.

2. Merasakan Kandidiasis Oral

Kandidiasis oral disebabkan Dari Gangguan Menyebar jamur spesies Candida. Gangguan Menyebar jamur inilah yang dapat menyerang lidah pengidap HIV Agar membuat permukaannya tampak putih. Kandidiasis juga bisa menyerang pipi Pada Untuk, gusi, maupun langit-langit mulut.

Tanda yang menyertai kandidiasis oral selain lidah dan muncul bercak putih adalah mati rasa atau sensitif Pada rasa. Samping Itu kemungkinkan muncul merasakan sensasi terbakar Hingga lidah.

3. Muncul Leukoplakia

Leukoplakia juga membuat lidah ada bercak putih dan biasanya berada Hingga Pada sisi lidah. Tidak seperti kandidiasis, bercak putih ini tidak dapat dikikis atau diseka Bersama lidah. Tanda lain Ke leukoplakia meliputi rasa tidak nyaman yang umumnya tidak menimbulkan nyeri dan Bisa Jadi menyebabkan sensitif Pada rasa.

4. Timbul Herpes Oral

Orang yang terpapar HIV bisa Merasakan herpes oral Hingga Disekitar Pada luar mulut. Akan Tetapi, luka herpes juga dapat muncul Hingga lidah. Tanda penyerta herpes ini, mencakup: sensasi terbakar, kesemutan, gatal, dan muncul luka lepuh yang berisi cairan.

5. Terjadi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi dapat muncul Hingga area mulut seperti gusi, pipi Pada Untuk, maupun lidah. Ciri-ciri hiperpigmentasi akibat HIV, Antara lain timbul satu atau beberapa bercak lebih gelap yang berwarna cokelat hingga kehitaman.

6. Muncul Kutil Oral

Kutil oral yang Karena Itu ciri-ciri HIV ini berupa benjolan kecil Hingga mulut. Warnanya bisa merah muda, putih, atau abu-abu dan entuknya seperti kembang kol. Situasi ini bisa ditularkan Melewati ciuman atau Bersama ibu Hingga bayi Pada melahirkan.

Nah, itu tadi ciri-ciri lidah normal sehat dan lidah HIV. Karena Itu kalau menemukan tanda-tanda Hingga atas Ke lidahmu, segera konsultasikan Hingga Praktisi Medis ya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Waspada! Ini Ciri-ciri Lidah Sehat dan Terinfeksi HIV