Bisnis  

Pengaruhi Daya Saing, Asosiasi Produsen Pupuk Minta Toleransi Truk Kelebihan Muat

Asosiasi Produsen Pupuk Indonesia (APPI) mengakui tidak bisa menerapkan Keputusan Zero Over Dimension Overload (ODOL) jika tidak diberikan toleransi kelebihan muatan sebesar lima persen. Foto/Dok

JAKARTA – Asosiasi Produsen Pupuk Indonesia (APPI) mengakui tidak bisa menerapkan Keputusan Zero Over Dimension Overload (ODOL) jika tidak diberikan toleransi truk kelebihan muatan sebesar lima persen. Samping Itu, kelas jalan non tol juga harus dinaikkan agar truk-truk yang mengangkut pupuk hingga Ke lini IV atau kios pengecer Ke kecamatan dan desa-desa tidak Merasakan kesulitan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) APPI, Achmad Tossin Sutawikara mengutarakan, Di ini PT Pupuk Indonesia (Persero) Group, Terbaru mengimplementasi Syarat Zero ODOL Ke Daerah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Tapi lanjutnya, penerapannya juga tidak bisa sepenuhnya Zero ODOL dan harus ada toleransinya sebesar lima persen.

“Kesepakatan jasa angkutan darat yang berlaku Di ini Ke Lokasi-Lokasi tersebut sudah menerapkan Syarat Zero ODOL, tapi Bersama toleransi lima persen sesuai timeline yang ditetapkan Dirjen Hubdat (Direktorat Jenderal Perhubungan Darat),” katanya.

Sambil Sebagai Daerah Banten, Jawa Barat, Jawa Ditengah, Lokasi Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, menurut Tossin, Di ini Di proses tender Sebagai periode Kesepakatan Terbaru per 1 Agustus 2024 Bersama pemberlakukan Syarat Zero ODOL toleransi 5%.

Dia mengutarakan sulit Sebagai menerapkan Kebugaran truk yang benar-benar mengikuti Zero ODOL jika tidak ada toleransi. Hal itu berkaitan Bersama faktor biayanya nanti yang pasti Akansegera lebih mahal yang otomatis membuat naiknya harga pokok produksi atau HPP-nya.

“Kita Akansegera negosiasikan bahwa kita bisa mengikuti Zero ODOL Bersama toleransi lima persen Di Pertemuan nanti Bersama Kemenhub, Kementerian PUPR, dan Korlantas,” tukasnya.

Dia juga berharap pemerintah juga memperhatikan bagaimana Kebugaran Ke lapangan yang sesungguhnya Sebelumnya menerapkan Keputusan Zero ODOL ini nantinya. “Jangan sampai Keputusan Zero ODOL ini nantinya hanya menambah kesulitan Untuk industri Sebagai menjalankannya,” ucapnya.

Tossin juga Menyediakan gambaran bahwa Di Kebugaran truk 16 ton misalnya, kalau mengikuti Keputusan Zero ODOL, nanti truk itu hanya bisa memuat pupuk sebanyak 8 ton saja.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Pengaruhi Daya Saing, Asosiasi Produsen Pupuk Minta Toleransi Truk Kelebihan Muat