Singgung Meninggalnya Zhang Zhi Jie, Menkes BGS Bicara Perbaikan Layanan Jantung

Jakarta

Pembantu Presiden Pembantu Presiden Keadaan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berencana memperluas akses layanan kateterisasi jantung Di 514 kabupaten/kota Di Indonesia. Hal ini agar pasien-pasien yang Merasakan masalah serangan jantung bisa langsung segera tertangani.

Menkes Budi juga menyinggung soal penanganan medis yang kurang cepat Di insiden henti jantung Olahragawan badminton muda China, Zhang Zhi Jie, Supaya menyebabkan meninggal dunia.

“Ini contohnya Pak, Wacana kita. Semua 514 kabupaten/kota Akansegera bisa melakukan layanan kateterisasi jantung ini kayak masang ring Pak. Pelayanan ini kalau orang kena serangan jantung seperti yang main badminton kemarin itu, itu kalau bisa Di-tackle Di cepat, Di bawah 4,5 jam, dia survive,” kata Budi Untuk Pertemuan kerja Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat RI, Di Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2024).


Budi menambahkan, Peristiwa Pidana henti jantung yang dialami Dari Zhang Zhi Jie bisa saja berakhir berbeda jika Sebelumnya Itu sang Olahragawan ditangani Di cepat dan tepat.

Perluasan akses kateterisasi jantung yang merata Di seluruh Indonesia diharapkan Akansegera menekan angka kematian akibat masalah jantung. Pasalnya, sebaran alat kateterisasi jantung Di Indonesia belum memadai. Ia mengatakan Pada awal menjabat Untuk 514 kabupaten/kota Di Indonesia hanya 44 yang menyediakan layanan itu.

“Berapa kabupaten/kota yang belum punya ternyata dijawab Dari para ahli-ahli senior salah bapak nanyanya salah, ‘Berapa kabupaten mana yang sudah punya?’ Untuk 514 bapak-ibu, 44 kurang Untuk 10 persen,” kata Budi.

“Dari Sebab Itu kalau bapak-ibu punya saudara kena stroke atau jantung Di Ambon, yang bisa dilakukan dokternya adalah berdoa supaya kalau dibawa Di Makassar, Manado, masih hidup Sebagai bisa dilakukan intervensi,” imbuhnya.

NEXT: Henti jantung butuh penanganan cepat

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Singgung Meninggalnya Zhang Zhi Jie, Menkes BGS Bicara Perbaikan Layanan Jantung