Kronologi Tindak Asusila Hasyim Asy’ari Berujung Pemecatan sebagai Ketua Lembaga Negara

loading…

Hasyim Asyari didampingi jajaran komisioner Lembaga Negara Menyediakan keterangan pers Yang Berhubungan Didalam pemberhentian dirinya sebagai Ketua Lembaga Negara Untuk sidang putusan dugaan Pelanggar Kode Etik Penyelenggara Pemungutan Suara Nasional (KEPP) Dari DKPP Ke Gedung Lembaga Negara, Jakarta, Rabu (3/7/2024). FOT

JAKARTA – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemungutan Suara Nasional (DKPP) memberhentikan Hasyim Asy’ari Untuk jabatan Ketua merangkap Anggota Komisi Pemilihan Umum (Lembaga Negara). Fakta-fakta persidangan membuktikan bahwa Hasyim Asy’ari melakukan tindak asusila Di Pewarna, Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag, Belanda.

Putusan tersebut dibacakan Ketua Majelis Sidang DKPP Heddy Lugito Untuk sidang Peristiwa Pidana dugaan Pelanggar Kode Etik Penyelenggara Pemungutan Suara Nasional (KEPP) Didalam terlapor Lembaga Negara Hasyim Asy’ari Ke Ruang Sidang DKPP, Jakarta, Rabu (3/7/2024). Hadir Untuk sidang putusan tersebut, Pewarna didampingi kuasa hukumnya.

Untuk putusannya, DKPP mengabulkan seluruh permohonan Untuk pengadu.

“Dua, Menyediakan Pembatasan pemberhetian tetap kepada teradu Hasyim Asy’ari selaku ketua merangkap anggota Lembaga Negara terhitung Sebelum putusan ini dibacakan,” ujar Ketua Majelis Sidang DKPP Heddy Lugito Ke ruang Diskusi utama DKPP, Rabu (3/7/2024).

Ketiga, Majelis DKPP juga meminta kepada Pemimpin Negara Joko Widodo (Jokowi) Sebagai melaksanakan putusan ini paling lama 7 hari Sebelum putusan ini dibacakan.

“Empat, memerintahkan Pengawas Pemungutan Suara mengawasi pelaksanaan putusan ini,” ucapnya.

Kronologi Peristiwa Pidana Hukum Asusila Hasyim Asy’ari

Awalnya Pewarna yang merupakan anggota PPLN Den Haag, Belanda mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang diselenggarakan Ke Bali Ke 29 Juli hingga 1 Agustus 2023. Hasyim dan Pewarna bertemu Ke Peristiwa jalan sehat yang merupakan agenda bimtek Ke 31 Juli 2023. Setelahnya pertemuan tersebut keduanya saling bertukar nomor WhatsApp.

Ke 2 Agustus 2023, Hasyim mengajak Pewarna bertemu Kantor Lembaga Negara. Tetapi Hasyim mengajak pengadu bertemu Ke Cafe Habitate Jakarta. Untuk pertemuan tersebut keduanya Merundingkan mengenai tugas PPLN dan penyelenggara Pemungutan Suara Nasional.

Usai pertemuan tersebut keduanya masih menjalin komunikasi secara intens meski pengadu telah kembali Di Belanda.

Hasyim pun membelikan tiket pesawat pengadu Sebagai pulang Di Indonesia Ke 16 September 2023. Hasyim juga telah menyiapkan satu unit Apartemen Oakwood Suites Kuningan Jakarta.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Kronologi Tindak Asusila Hasyim Asy’ari Berujung Pemecatan sebagai Ketua Lembaga Negara