Profil Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aptika yang Berani Mengundurkan Diri Untuk Kominfo

Dirjen Aptika Semuel Abrijani Pangerapan Mengintroduksi pengunduran dirinya hari ini Kamis (4/7) Hingga Kominfo. Foto: Sindonews/Muhamad Fadli Ramadan

JAKARTA – Direktorat Jenderal Gadget Lunak Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani Pangerapan resmi mengundurkan diri. Pusat Data Nasional yang dibobol kelompok peretas Brain Chiper menjadi alasan utama.

Sebagai informasi, Semuel Abrijani merupakan orang yang bertanggung jawab Untuk hal teknis penelolaan PDNS. Agar, dirinya merasa harus mundur Untuk jabatannya Setelahnya gagal menjalankan tugasnya Bersama baik Untuk mengamankan data nasional.

“Pertama, alasannya secara teknis ini adalah tanggung jawab saya sebagai Dirjen Pengampu Untuk proses transformasi pemerintahan,” kata Semuel Abrijani Hingga Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2024).

“Secara teknis, saya Memutuskan tanggung jawab ini secara moral dan saya Mengungkapkan harusnya selesai Hingga saya. Lantaran ini adalah masalah yang harus saya tangani Bersama baik,” lanjutnya.

Soal data yang dibobol, Semuel Abrijani mengatakan Di ini Kominfo, BSSN (Badan Siber dan Sandi Bangsa), dan Cyber Crime Untuk kepolisian masih terus bekerja memulihkan PDNS 2. Malahan, Kunci yang diberikan secara gratis Dari Brain Chiper bisa dibuka Melewati data specimen atau conton yang dimiliki Kominfo.

“Karena Itu sekarang masih dilakukan Penyembuhan, dan kemarin teman-teman sudah mengetahui ada Kunci otomatis, Lagi kami coba dan melihat bisa atau tidak,” tuturnya.

Semuel menegaskan bahwa dirinya sudah tidak Memperoleh akses informasi lebih Untuk mengenai seberapa jauh Penyembuhan yang dilakukan pihak-pihak Yang Terkait Bersama. Tetapi, ia menyampaikan bahwa Di ini seluruh pihak terus Melakukanupaya memulihkan data nasional yang terkunci.

“Kami juga Merasakan, dan kita sudah mencoba Hingga specimen kita dan berhasil dibuka. Tapi kita belum tahu Lantaran kan yang dikunci banyak. Ini Lagi dikerjakan Dari temen-temen teknis,” ungkapnya.

Profil Semuel Abrijani Pangerapan

Nama Lengkap: Semuel Abrijani Pangerapan

Tempat Lahir: Makassar

Tanggal Lahir: 1964-12-27

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Profil Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aptika yang Berani Mengundurkan Diri Untuk Kominfo