Woodae Galbi dan Bibimbap Autentik Racikan Chef Korea Ada Hingga Jakarta

Jakarta

Hingga Menteng ada restoran Korea bergaya kontemporer yang patut disambangi. Menunya fusion dan autentik racikan chef asli Korea Selatan yang tinggal Hingga Indonesia.

Konsumsi Korea Selatan kian digemari seiring Kebiasaan Global K-pop yang Lebihterus digandrungi Hingga Tanah Air. Banyak restoran hadir Bersama Konsep istimewa masing-masing.

Hingga jantung kota Jakarta, tepatnya kawasan Menteng, ada restoran Korea Selatan yang belum lama hadir. Bernama DOEUN, restoran ini dijalankan Bersama chef Kim Doeun yang merupakan orang asli Korea Selatan.


DOEUN berlokasi Hingga Jalan Yusuf Adiwinata Nomor 29. Restoran ini dibuka 17 September 2023 Bersama Konsep Penghayatan bersantap kontemporer bermenu tradisional serta fusion Korea Selatan.

Bermula Di usaha rumahan

Di temu media (3/7/2024), chef yang tinggal Hingga Indonesia Sebelum 2011 ini juga bercerita soal awal mula Doeun. Ke 2017, ia membuka usaha rumahan DOEUN Kitchen Hingga Tangerang Selatan.

Fokusnya Pada itu menawarkan frozen food buatan sendiri, bumbu, saus, selai, hingga sirup. Lalu ia dan suami, Donny Victorianus Menyusun bisnisnya Bersama Melakukan kelas masak hingga private dining.

Permintaan yang terus Menimbulkan Kekhawatiran membuat chef Doeun, suami, dan partner Usaha akhirnya membuka DOEUN Hingga Menteng. Chef Doeun menggunakan resep keluarga Di pihak ibu dan terus melestarikannya.

Proses masak tradisional dan alami

DOEUN punya Disekitar 7-8 banchan yang dibuat Bersama bahan alami. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Chef Kim Doeun menawarkan Konsep berbeda Ke restorannya. Ia berpegang teguh Ke proses masak tradisional Korea yang memakan waktu lama, seperti fermentasi berbulan-bulan hingga masak kaldu berjam-jam.

Chef Doeun mengaku punya ruangan khusus Untuk fermentasi yang dilengkapi pendingin udara beroperasi 24 jam. Aneka buah dan sayur menjadi bahan utama yang difermentasi.

Pemanfaatannya lebih luas lagi seperti fermentasi buah yang menjadi bumbu banchan (menu pendamping khas Korea Selatan). Proses ini memakan waktu sampai 6 bulan. “Kelihatannya simpel, tapi ceritanya panjang,” kata chef Doeun yang menyajikan 7-8 banchan Hingga restorannya.

Proses fermentasi juga diterapkan Di pembuatan makgeolli. Jika biasanya minuman alkohol fermentasi beras khas Korea ini difermentasi cepat, berbeda Bersama Hingga DOEUN.

“Kami melakukan 2 kali fermentasi Bersama suhu rendah Di 2 bulan,” kata chef Doeun. Ia Memperkenalkan 4 makgeolli yang terinsipirasi sosok sang bibi. Ada makgeolli original, sparkling, yuzu basil, dan Omija.

Istimewanya lagi, chef Doeun tidak menggunakan gula, garam, dan bumbu buatan lain Di masakannya. Sebisa Bisa Jadi ia Memperkenalkan Konsumsi sealami Bisa Jadi.

Wanita yang dulunya berprofesi sebagai instruktur pilates ini juga tidak mengorbankan proses masak yang makan waktu. Contohnya masak kaldu sampai berjam-jam Untuk menghasilkan rasa gurih alami.

BBQ Korea dimasak Bersama kayu bakar dan padi

DOEUN JakartaBBQ Korea tersaji Bersama aroma smoky Sebab dibakar bersama padi. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

BBQ Korea Bersama ragam jenis daging Karena Itu menu utama Hingga DOEUN. Chef Doeun membuatnya istimewa Bersama Metode panggang tradisional menggunakan arang kayu.

Tak hanya itu, ia juga menambahkan daun dan batang padi Untuk menghasilkan aroma ‘smoky’ yang khas. Durasi pemanggangan daging, menurut chef Doeun, tak dapat dipastikan Sebab bergantung Ke api arang kayunya.

Salah satu menu yang patut dicoba, Woodae Galbi. Hidangan ini menggunakan iga sapi Di baris keenam hingga kedelapan yang terkenal lembut. Tersedia Di pilihan original dan yang sudah dimarinasi hingga terasa manis gurih.

Lalu ada Diamond Cut Galbi, berupa daging sapi yang dipotong bentuk berlian dan dimarinasi Bersama saus spesial buatan chef Doeun. Racikannya Di kaldu sapi dan saus rahasia yang dibuat Di lebih Di 10 jam.

Kalau mau BBQ Korea yang lebih kaya rasa, Butter Dry Aged Beef bisa dicoba. Hidangan ini memakai daging sapi yang sudah Melewati proses dry aging Bersama mentega Di minimal 45 hari.

Lalu ada Gochujang Iberico Pork Belly Untuk menu nonhalal. Menu ini dibuat Bersama daging babi Iberico, salah satu Di tiga jenis daging babi terbaik. Dimarinasi Bersama saus gochujang ala chef Doeun.

DOEUN juga punya menu rumahan Korea autentik lain. Baca halaman Lanjutnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Woodae Galbi dan Bibimbap Autentik Racikan Chef Korea Ada Hingga Jakarta