Kapan Perlu Pasang Ring Jantung? Ini Kata Ahli Kebugaran Kardiologi


Jakarta

Pemasangan ring jantung atau stent merupakan prosedur yang umum dilakukan Di pasien Gangguan jantung koroner. Sebenarnya, kapan sih seseorang butuh pasang ring jantung?

Di prinsipnya, ring atau stent pembuluh jantung merupakan alat yang Di pasang Di pembuluh jantung yang tersumbat atau menyempit. Alat tersebut menyerupai selongsong kawat halus Di ukuran sesuai Di diameter pembuluh darah jantung. Umumnya dipasang Di Kebugaran Gangguan Jantung Koroner (PJK) atau Coronary Artery Disease (CAD).

“Orang awam bilangnya pemasangan ring, tapi kalau Di medis kita sebut sebagai percutaneous coronary intervention. Intervensi Di pembuluh jantung secara non bedah, minimal invasif,” kata dr Vireza Pratama, SpJP, Subsp.IKKv(K), FIHA, FAsCC, FSCAI, konsultan kardiologi intervensi Di Mayapada Hospital Jakarta Selatan.


Kebutuhan Untuk pasang ring jantung, menurut dr Vireza, dibedakan berdasarkan Kebugaran pasien. Di pasien yang Merasakan Kebugaran akut, atau orang awam menyebutnya sebagai serangan jantung, maka pemasangan ring jantung bersifat ‘life saving’ dan harus dilakukan sesegera Mungkin Saja.

Di Kebugaran yang disebut juga Acute Coronary Syndrome tersebut, pembuluh darah Merasakan sumbatan akibat terjadinya sobekan atau rupture yang memicu timbulnya bekuan darah. Sumbatan bisa bersifat total, bisa juga sebagian.

“Kalau total, pasti angka kesakitan sangat tinggi, angka kematiannya sangat tinggi. Kalau sebagian pun, lama-lama bisa menyebabkan kematian jika tidak ditolong,” jelas dr Vireza.

Berbeda Di pasien PJK akut, kebutuhan Untuk memasang ring jantung Di pasien PJK kronis dilakukan sesuai Di Kebugaran keluhan dan penemuan pemeriksaan penunjang lainnya yang dapat membuktikan adanya penyempitan pembuluh jantung yang bermakna. Di Kebugaran ini, terdapat plak Di pembuluh darah Tetapi Di Kebugaran stabil, dimana plak tersebut tidak rupture atau sobek.

“Di tidak sobek, maka sebetulnya tidak membahayakan Untuk pasien, hanya saja pasien Akansegera mengeluh sakit dada Di Karya, tidak nyaman atau ada keluhan Di emosi,” jelas dr Vireza.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Kapan Perlu Pasang Ring Jantung? Ini Kata Ahli Kebugaran Kardiologi