Bisnis  

Uni Eropa Hantam Kendaraan Pribadi Elektrik China Didalam Tarif Perdagangan Masuk Negeri Tinggi Mulai Besok 5 Juli

Uni Eropa (UE) resmi memberlakukan tarif Perdagangan Masuk Negeri tinggi buat Sepeda Listrik asal China, yang mulai berlaku besok, 5 Juli 2024. Foto/Dok Reuters

BRUSELSSUni Eropa (UE) resmi memberlakukan tarif Perdagangan Masuk Negeri tinggi buat Sepeda Listrik asal China, yang mulai berlaku besok, 5 Juli 2024. Peningkatan bea Perdagangan Masuk Negeri tersebut berada Di kisaran 17,4% hingga 37,6%, atau Meresahkan cukup signifikan Didalam tarif 10% Di ini Untuk semua Kendaraan Pribadi Elektrik Didalam China.

Keputusan Mutakhir ini bakal membuat harga EV (Electric Vehicle) atau Kendaraan Pribadi Elektrik Di seluruh daratan Eropa menjadi lebih mahal Untuk konsumen Eropa. Langkah ini bakal menjadi pukulan besar Untuk Beijing Di Di Konflik Bersenjata dagang melawan Washington.

Uni Eropa merupakan pasar luar negeri terbesar Untuk industri EV China dan Negeri itu mengandalkan produk Ilmu Pengetahuan tinggi Untuk membantu menghidupkan kembali ekonominya yang lesu. Para pejabat Uni Eropa beralasan, kenaikan bea Perdagangan Masuk Negeri ini didorong Didalam ‘Dukungan Pemerintah tidak adil’ yang membuat Kendaraan Pribadi Elektrik buatan China dijual Didalam harga lebih murah Didalam produksi Eropa.

Brussels Melakukanlangkah-Langkah membendung membanjirnya EV berharga murah Didalam Negeri adidaya ekonomi Asia Untuk melindungi produsennya sendiri. Kenaikan tarif Perdagangan Masuk Negeri Kendaraan Pribadi Elektrik China bakal berlaku Sambil Itu, mulai 5 Juli 2024 Didalam durasi maksimum empat bulan, menurut siaran pers yang dikeluarkan Didalam Komisi Eropa Di hari Kamis (4/7/2024).

Kisaran tarif Perdagangan Masuk Negeri Kendaraan Pribadi Elektrik China bakal berkisar 38%, berikut rinciannya. Produsen Kendaraan Pribadi BYD Akansegera dikenakan tarif 17,4%, Sambil Itu Geely yang Memiliki Volvo Swedia, Berusaha Mengatasi tarif 19,9%.

Sedangkan pembuat Kendaraan Pribadi lain yang masih Di investigasi bakal merasakan tarif rata-rata 20,8%. Sedangkan Untuk perusahaan non-kerja sama lainnya mencapai 37,6%, menurut keterangan resmi.

Di sisi lain China sudah berulang kali membantah tuduhan Didalam AS dan Uni Eropa Yang Berhubungan Didalam ‘Dukungan Pemerintah tidak adil’. Beijing dituding Menyediakan Dukungan Pemerintah kelebihan produksi Untuk membanjiri pasar barat Didalam produk murah.

Tarif bea Perdagangan Masuk Negeri Mutakhir mulai berlaku Di hari Jumat, tetapi bersifat Sambil Itu, sedangkan penyelidikan Di Dukungan Negeri China Untuk pembuat EV Negeri itu terus berlanjut.

Siapa Mendominasi Konflik Bersenjata Dagang Eropa versus China?

Bukan hanya brand China yang terpengaruh Didalam langkah tersebut. Perusahaan-perusahaan Barat yang membuat Kendaraan Pribadi Di China juga Menyambut sorotan Didalam Brussels. Didalam memberlakukan tarif, Brussels mengatakan pihaknya Melakukanlangkah-Langkah memperbaiki apa yang dilihatnya sebagai pasar yang terdistorsi.

Keputusan UE Bisa Jadi tampak sedikit lebih lunak apabila dibandingkan Didalam AS yang belum lama ini menerapkan tarif menjadi 100% Didalam 25% Di Mei lalu. EV China adalah pemandangan yang relatif langka Di Berjalan AS, Akansegera tetapi jauh lebih umum Di UE.

Sambil Itu Perdagangan Masuk Negeri China Ke Eropa sebagian besar didominasi Didalam Kendaraan Pribadi Mobil Listrik Tesla, Dacia dan BMW yang diproduksi Di sana. Group Transport and Environment (T&E) yang berbasis Di Brussels telah memproyeksikan bahwa merek China dapat mencapai 11% Didalam pasar EV Eropa Di tahun 2024, dan 20% Di tahun 2027.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Uni Eropa Hantam Kendaraan Pribadi Elektrik China Didalam Tarif Perdagangan Masuk Negeri Tinggi Mulai Besok 5 Juli