Benarkah Makan Kangkung Bisa Memperparah Asam Urat?

Sebagian orang percaya bahwa makan kangkung bisa memperparah asam urat. Kangkung sendiri merupakan salah satu sayuran hijau yang banyak digemari Kelompok. Foto/Istock Photo Muhammad Gunawansyah

JAKARTA – Sebagian orang percaya bahwa makan kangkung bisa memperparah asam urat. Kangkung sendiri merupakan salah satu sayuran hijau yang banyak digemari Dari Kelompok Indonesia.

Rasanya yang lezat dan kandungan nutrisinya yang melimpah membuat kangkung menjadi pilihan Kandidatteratas Sebagai dikonsumsi sehari-hari. Tetapi, belakangan ini muncul kekhawatiran bahwa makan kangkung dapat memperparah asam urat .

Dilansir Di Mayo Clinic, Jumat (5/7/2024), asam urat adalah senyawa yang dihasilkan Dari tubuh Pada memecah purin, zat yang terdapat Di berbagai Hidangan dan minuman.

Tingginya kadar asam urat Di darah dapat menyebabkan pembentukan kristal Ke persendian, yang mengakibatkan nyeri dan peradangan, Kepuasan yang dikenal sebagai gout atau asam urat. Beberapa Hidangan tinggi purin, seperti daging merah, Hidangan laut, dan alkohol, diketahui dapat memicu peningkatan kadar asam urat.

Salah satu alasan yang memicu kekhawatiran Yang Berhubungan Di konsumsi kangkung adalah kandungan purin Ke dalamnya. Berdasarkan data Kementerian Keadaan (Kemenkes), kangkung tergolong sayuran Di kadar purin Di, Supaya relatif aman dikonsumsi Untuk penderita asam urat.

Per 100 gram kangkung mengandung 9–100 miligram purin. Walaupun kangkung tergolong Hidangan Di purin Di, para ahli menganjurkan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Sebagai Keadaan, kangkung sendiri Memiliki khasiat sebagai penenang (sedatif) dan mampu membawa zat berkhasiat Ke saluran pencernaan. Itulah sebabnya, tanaman ini mempunyai kemampuan menetralkan racun Ke tubuh.

Herminia de Guzman Ladion, pakar Keadaan Di Filipina, memasukkan kangkung Di kelompok tanaman penyembuh ajaib. Ke Bangsa itu, tanaman ini dipakai Sebagai menyembuhkan sembelit dan Terapi Untuk mereka yang Di melakukan Pola Makan. Akar kangkung juga berguna Sebagai mengobati Gangguan wasir.

Ke dasarnya, sayuran hijau umumnya baik dikonsumsi. Beberapa jenis sayuran yang bisa Dari Sebab Itu pilihan adalah kentang kacang polong, jamur, dan terong.

Perlu diingat, tubuh menyediakan 85 persen senyawa purin Sebagai kebutuhan setiap hari. Ini berarti bahwa kebutuhan purin Di Hidangan hanya Disekitar 15 persen. Sedangkan pemicu asam urat adalah konsumsi Hidangan dan senyawa lain yang banyak mengandung purin.

Sebab itu, jika Anda telah menderita asam urat, masih diperbolehkan mengonsumsi Hidangan yang mengandung purin sebanyak 100-150 mg per hari. Hal ini berarti, penderita asam urat ringan masih dapat mengonsumsi kangkung sebanyak 50 gram setiap harinya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Benarkah Makan Kangkung Bisa Memperparah Asam Urat?