10 Konsumsi Khas Sulawesi yang Terkenal dan Menggugah Selera

Pulau Sulawesi Ke sebelah timur Indonesia menyimpan aneka Citarasa unik Bersama cita rasa yang menggoyang lidah. Tak heran, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara tertarik berkunjung Ke Sulawesi Untuk mencicipi Citarasa khasnya.

Mulai Bersama kudapan manis, hingga Konsumsi pedas dan kaya rempah. Berikut sederet Konsumsi asli Sulawesi yang tidak boleh kamu lewatkan.

Konsumsi Khas Sulawesi

Mengutip Bersama Literatur Konsumsi Khas Makassar Dari Nandia Kirana, Gastronomi Indonesia Sebagai Identitas Kearifan Lokal Dunia dan Daya Tarik Wisata karya Suci Sandi Wahyuni, dan Literatur Konsumsi Tradisional Indonesia Imbang 3 Dari Murdijati, dkk, berikut adalah beberapa menu Konsumsi khas Sulawesi yang patut kamu coba:


1. Bubur Manado

Tinutuan atau sering juga disebut bubur Manado adalah Konsumsi khas Bersama Daerah Manado, Sulawesi Utara. Hidangan bubur ini sangat cocok disantap Untuk menu sarapan pagi.

Nama tinutuan sendiri berasal Bersama bahasa Manado yang artinya campur aduk atau ‘semrawut’. Penamaan ini sesuai Bersama cara masak bubur Tinutuan yang dicampur adukkan bersama berbagai jenis sayuran. Mulai Bersama beras, singkong, jagung, kemangi, daun gedi dan labu kuning (sambiki).

2. Ayam Budu-budu

Ayam budu-budu merupakan olahan sup khas Makassar yang terkenal Akansegera kegurihan kuahnya. Rasa gurih Bersama kuah sajian ayam budu-budu berasal Bersama campuran rempah seperti asam jawa, jahe, merica, dan jeruk nipis. Sup berbahan dasar ayam kampung ini biasa dihidangkan ketika perayaan natal.

3. Ikan Bakar Parape

Ikan bakar parape juga salah satu Citarasa populer yang berasal Bersama Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Ciri yang membedakan ikan bakar parape Bersama olahan ikan bakar lain adalah Ke bumbu spesial parapenya yang berbahan dasar bawang merah. Cita rasa gurih, asam dan manis Bersama ikan bakar parape dijamin bikin ketagihan.

4. Gogoso

Gogoso sering dijuluki sebagai ‘lempernya’ Makassar. Sekilas, kudapan ini memang berbentuk mirip lemper, Tetapi lebih ramping dan bulat panjang.

Samping Itu, isian gogoso terdiri Bersama parutan kelapa, daging ikan tongkol, dan tambahan bumbu khas. Komunitas lokal biasa menikmati gogoso bersama bayao kannasa atau telur asin.

5. Kue Buroncong

Pecinta Konsumsi manis pasti tergiur mencoba penganan kue satu ini. Mirip Bersama kue pukis, kue buroncong adalah Citarasa khas Sulawesi Di yang konon telah ada Dari ratusan tahun lalu. Kue buroncong sendiri berbahan dasar santan, telur, dan gula dan dimasak Bersama cara dioven.

6. Kaledo

Citarasa khas Alat Pukul, Sulawesi Di. Foto: I Gede Leo Agustina/d’Traveler

Kaki Lembu Donggala atau disingkat kaledo adalah Citarasa legendaris yang menjadi ikon Kota Alat Pukul, Sulawesi Di. Sup ini terbuat Bersama tulang sumsum sapi dan Memperoleh cita rasa asam dan pedas yang nampol Ke lidah. Menurut cerita yang beredar, kaledo dulunya merupakan sajian kehormatan yang dihidangkan Untuk kalangan bangsawan dan raja-raja Ke Lembah Alat Pukul.

7. Loka Anjoroi

Loka anjoroi atau loka sattai merupakan Citarasa asli Mandar, Sulawesi Barat. Bila dilihat sekilas, tampilan loka anjoroi mirip Bersama hidangan kolak.

Terbuat Bersama pisang kepok (loka manurung) dan santan kental, loka anjoroi Memperoleh cita rasa yang gurih nan lezat. Tak hanya enak, potongan pisang Di loka anjoroi dipercaya berkhasiat Untuk mengobati maag dan Gangguan lambung.

8. Coto Makassar

7 Tips Bikin Coto Makassar yang Kuahnya Gurih dan Dagingnya EmpukCoto Makassar Bersama kuah gurih dan daging yang empuk. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Sesuai namanya, coto Makassar adalah Konsumsi tradisional Bersama Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sup kental dan lezat ini berisi daging sapi serta berbagai jeroan seperti babat, otak, paru, atau usus.

Bersama dilengkapi sambal, lontong, atau nasi hangat, coto makassar bisa menjadi menu makan siang yang maknyus rasanya.

9. Kerak Sagu

Kerak sagu adalah Citarasa khas Alat Pukul, Sulawesi Di yang sekilas menyerupai jajanan kerak telor. Tetapi, kerak sagu terbuat Bersama bahan utama dan pelengkap yang berbeda.

Kerak sagu diolah Bersama bahan utama sagu kasar dan dicampur garam serta kelapa parut. Lalu, kerak sagu diberi udang, teri, dan suwiran ikan cakalang yang sudah dibumbui sebagai pelengkap.

Kamu bisa mencicipi jajanan kerak sagu Bersama Mengintroduksi kocek Di Rp 3.000 – Rp 5.000 saja.

10. Es Pallu Butung

Kalau kamu mencari Citarasa Sulawesi yang seger-seger, coba deh cicipi es pallu butung. Minuman manis khas Alat Pukul ini terbuat Bersama jenis pisang raja atau pisang kepok yang dicampur Bersama air, santan kental, daun pandan, tepung beras, dan gula pasir.

Tampilan dan rasa es satu ini Lebihterus menggiurkan tatkala disajikan Bersama topping sirup merah, buah, jelly, atau es krim.

Nah, itu dia ulasan seputar Konsumsi khas Sulawesi yang mengundang selera. Kira-kira kamu tertarik coba sajian yang mana nih detikers?

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 10 Konsumsi Khas Sulawesi yang Terkenal dan Menggugah Selera