Sering Sakit Perut Sesudah Minum Teh? Ternyata Ini Penyebabnya

Jakarta

Teh adalah salah satu minuman Unjuk yang dikonsumsi Bersama banyak orang Di seluruh dunia. Minuman ini juga kerap dikaitkan Bersama sejumlah manfaat Kesejajaran, seperti merilekskan tubuh, Memangkas Tekanan, melancarkan sirkulasi darah, hingga menurunkan gula darah tinggi.

Tapi Di beberapa orang, teh bisa menyebabkan sakit perut dan ingin buang air besar (BAB). Kenapa hal ini bisa terjadi?

Dikutip Bersama Healthline, sakit perut Sesudah minum teh dipicu Bersama Kegiatan senyawa yang terkandung Untuk minuman tersebut. Salah satunya adalah tanin.


Tanin merupakan senyawa polifenol yang Memberi warna coklat atau merah gelap Di teh. Sebenarnya, tanin Memperoleh sifat antiradang dan antibakteri, Supaya berkhasiat Sebagai tubuh.

Akan Tetapi jika tanin dikonsumsi secara berlebihan atau Di perut kosong, maka bisa menyebabkan iritasi Di saluran pencernaan dan menimbulkan keluhan seperti sakit perut serta mual.

Samping Itu, teh juga mengandung kafein. Zat ini juga dapat menyebabkan iritasi Di lambung dan menimbulkan rasa tidak nyaman Di perut. Di beberapa orang, kafein juga dapat Meningkatkan cairan asam lambung (asam klorida), Supaya memicu Tanda-Tanda asam lambung naik seperti heartburn.

Teh juga Memperoleh sifat diuretik, yang artinya bisa Meningkatkan frekuensi buang air kecil. Jika konsumsi minuman yang bersifat diuretik tidak diimbangi Bersama air putih yang cukup, maka dapat memicu gangguan pencernaan seperti nyeri perut dan sembelit.

Cara Mengatasi Sakit Perut Akibat Minum Teh

Untungnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar tetap bisa menikmati teh tanpa khawatir sakit perut, Antara lain:

  • Memperbanyak minum air teh Sebagai menyeimbangkan kadar air dan membuang racun Sebelumnya minum teh
  • Menghindari penggunaan gula, krim, atau pemanis tambahan lain secara berlebihan
  • Mengonsumsi teh Bersama Konsumsi yang mengandung karbohidrat dan protein
  • Tidak menyeduh teh terlalu lama Lantaran dapat Meningkatkan kandungan kafeinnya

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Sering Sakit Perut Sesudah Minum Teh? Ternyata Ini Penyebabnya