Riwayat Karier Militer dan Belajar Letjen Bambang Ismawan, Kasum TNI Untuk Kopassus

Kasum TNI Letjen Bambang Ismawan. FOTO/KODIKLAT TNI

JAKARTA – Riwayat karier militer dan Belajar Letjen TNI Bambang Ismawan Berencana diulas Untuk artikel berikut ini. Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1988 itu kini menjabat sebagai Kepala Staf Umum Tentara Nasional Indonesia (Kasum TNI).

Penunjukan Bambang Ismawan sebagai Kasum TNI tertuang Untuk keputusan Panglima TNI Nomor Kep/48/I/2023. Tentara kelahiran Klaten, 1 Agustus 1966 itu menggantikan Letjen TNI Eko Margiyono yang waktu itu dimutasi menjadi Komandan Kodiklat TNI.

Jabatan Kasum TNI sangat penting Untuk struktur komando TNI. Kasum TNI bertanggung jawab atas koordinasi dan pengawasan operasional Hingga seluruh unit dan angkatan Hingga bawah TNI, yang meliputi TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara.

Posisinya sebagai perpanjangan tangan Untuk Panglima TNI dan berperan Untuk memastikan bahwa semua operasi militer dan kegiatan TNI berjalan sesuai Didalam Wacana strategis dan Keputusan yang ditetapkan Dari Panglima TNI. Kasum TNI juga berperan Untuk perumusan Keputusan, Pendesainan strategis, dan Pembuatan kemampuan operasional TNI.

Sebagai seorang Kasum TNI, Bambang Ismawan kerap turun langsung mengecek kesiapan para prajurit. Contohnya Pada memeriksa Kesiapan Operasi Yonif 641/Beruang, Yonif 762/VYS, dan Yon 6 Marinir/Nanggala Hingga PMPP TNI, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/5/2024). Menurut Bambang, Pelatihan pratugas terpusat kali ini bertujuan Sebagai memastikan semua Satgas yang Berencana melaksanakan tugas operasi Memiliki standar yang sama, Supaya Sukses tugas dapat mudah dicapai.

Riwayat Karier

Bambang Ismawan Memiliki karier militer cemerlang. Beberapa jabatan pernah diembannya, Di lain Danyon 23 Grup 2 Kopassus (2005), Danrem 012/Teuku Umar (2013–2015) dan Irdam I/Bukit Barisan (2015–2016).

Ke 2016, Bambang pecah bintang Pada ditunjuk sebagai Danrem 121/Alambhana Wanawai. Pangkatnya naik menjadi Brigadir Jenderal (Brigjen). Setelahnya dua tahun bertugas Hingga Sintang, Kalimantan Barat sebagai Danrem, Bambang dimutasi menjadi Kasdam V/Brawijaya (2018–2020).

Pangkat Bambang kembali naik satu tingkat menjadi Mayor Jenderal ketika diangkat sebagai Wakil Komandan Pusat (Wadanpustera) Ke 2020. Setahun Lalu ditugaskan sebagai Asintel KSAD dan Hingga tahun yang sama dimutasi menjadi Pangdam XVI/Pattimura.

Bambang Ismawan meraih pangkat jenderal bintang 3 atau Letnan Jenderal (Letjen) TNI Pada dipromosikan menjadi Komandan Komando Pembina Doktrin, Belajar, dan Pelatihan (Dankodiklat) TNI Ke 2021. Dan Sebelum Januari 2023, perwira tinggi penyandang gelar Sarjana Ekonomi (SE) dan Magister Manajemen (MM) tersebut dipercaya sebagai Kasum TNI.

Riwayat Belajar

Sebagai Pati TNI berkarier cemerlang, Bambang Ismawan telah melewati berbagai jenis Belajar militer. Sesudah lulus Akmil 1988 A, ia menempa diri Didalam mengikuti Sekolah Dasar Kecabangan Infanteri (Sesarcabif).

Lanjutnya, Bambang mengikuti Belajar Komando Kopassus Di tujuh bulan. Setelahnya Memperoleh Brevet Komando, ia Memperbaiki kemampuan militernya Didalam mengikuti Belajar Dasar Para TNI AD (Dik Para) dan Dik Para Utama.

Sebagai menunjang kariernya, Bambang mengikuti Belajar Lanjutan Perwira I atau (Diklapa I) dan Diklapa II. Ia Lalu kembali lanjutkan Belajar Hingga Sekolah Staf dan Komando TNI AD (Seskoad), Sesko TNI, dan terakhir Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Itulah riwayat karier militer dan Belajar Letjen TNI Bambang Ismawan yang kini menjabat sebagai Kasum TNI.

(abd)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Riwayat Karier Militer dan Belajar Letjen Bambang Ismawan, Kasum TNI Untuk Kopassus