Bisnis  

Bakal Fungsional, Begini Rute Di Balikpapan Ke IKN lewat Jalan Tol

Jalan Tol IKN Akansegera beroperasi fungsional satu arah Bersama tiga lajur Ke ibu kota Mutakhir jelang perayaan HUT RI Ke-79. FOTO/Ilustrasi

JAKARTA – Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) siap beroperasi fungsional menjelang HUT RI Ke-79 Ke 17 Agustus 2024, Sebagai mendukung mobilitas para peserta upacara kemerdekaan yang Akansegera Ke IKN. Jalan tol tersebut Akansegera beroperasi fungsional satu arah Bersama tiga lajur Ke IKN.

“Progress-nya bagus, sudah diaspal, target kita pokoknya Akansegera fungsional satu arah, tiga lajur. Itu sekarang sudah 90%,” ujar Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga akhir pekan ini.

Di ini, Kementerian PUPR Ditengah membangun jalan tol IKN Sebagai 3 seksi, yaitu Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km. Ketiga ruas itulah yang Akansegera digunakan secara fungsional Sebagai mendukung kelancaran arus lalu lintas Ke IKN.

Bersama beroperasinya jalan tol tersebut, akses Ke Ke IKN Memperoleh rute Mutakhir yakni, kendaraan Di Bandara Sepinggan, Balikpapan, masuk Ke Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), dan masuk Ke Jalur Fungsional IKN Ke KM 11 Jalan Tol Balsam.

Kendaraan Akansegera menempuh jarak sepanjang 13,4 km Ke Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang. Sesudah Itu, meneruskan Ke jalur fungsional Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km hingga bertemu Jembatan Dirgahayu, Jembatan Pulau Balang Bentang Panjang, dan Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek yang menjadi Pada Di Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km.

Sesudah turun Di jembatan, maka kendaraan bisa meneruskan Ke Seksi 5B Segmen Jembatan Pulau Balang-Sp. Riko sepanjang 13,27 km dan menjadi Exit Point Seksi 5B via Jalan EX IJD STA 9+900.

Sekadar informasi tambahan, jalan Tol IKN jika rampung keseluruhan Akansegera mempersingkat jarak tempuh Di Balikpapan Ke KIPP IKN yang semula melewati Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Lintas Sepaku Bersama waktu Di 2 jam 15 menit Bersama jarak 95 km, menjadi hanya Di 45 menit Bersama jarak 57 km.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Bakal Fungsional, Begini Rute Di Balikpapan Ke IKN lewat Jalan Tol