Praktisi Medis Ungkap Warna Feses Seperti Ini Bisa Dari Sebab Itu Tanda-Tanda Kanker Lambung


Jakarta

Praktisi Medis spesialis bedah konsultan bedah digestif RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Dr dr Agi Satria Putranto, SpB,SubspBD(K) mengatakan feses berwarna hitam Di buang air besar (BAB) dapat menjadi salah satu tanda seseorang terkena kanker lambung.

Menurutnya, keluarnya feses berwarna hitam disebabkan Dari adanya darah yang bercampur Bersama asam lambung. Pendarahan tersebut bisa berasal Bersama lambung, usus 12 jari, ujung saluran Ke kantung empedu atau pankreas maupun Pada atas usus halus.

“Memang itu (feses berwarna hitam) sebetulnya bisa Dari Sebab Itu tanda adanya pendarahan Ke saluran cerna Pada atas,” katanya, dikutip Di.


“Kalau keluarnya banyak seperti itu, memang kita harus Di Praktisi Medis Sebab buang air besar berwarna hitam itu nanti dokternya Berencana mendiagnosa kira-kira asal pendarahannya Bersama mana,” katanya.

Situasi tersebut patut diwaspadai. Sebab menurut dr Agi, buang air besar Di jumlah yang banyak dan berwarna hitam dapat membahayakan Kesejaganan si pengidapnya, misalnya seperti terkena anemia akibat keluarnya banyak darah merah.

Di Itu, diikuti Bersama Tanda-Tanda lain seperti lesu, lelah hingga penurunan berat badan. Jika seseorang Merasakan kanker lambung, dr Agi mengatakan ruang Di lambung Berencana menyempit akibat tumor yang Lebih membesar. Hal ini yang membuat lambung tak dapat Memperoleh lebih banyak asupan Minuman dan zat gizi lainnya.

“Kita lebih lemas Sebab anemia, sampai suatu Di Minuman kita tidak bisa masuk lagi Sebab Bersama lambung Di usus itu kita melewati suatu terowongan. Ke situ tidak terlalu besar, misal diumpamakan hanya sejari telunjuk saya lebih sedikit. itu Berencana datang tertutup sama si tumor kalau sudah tertutup pasti dia sakit, nggak bisa makan, minum, Dari Sebab Itu Sebab (selain feses berwarna hitam) ya muntah,” ucapnya.

Apabila Situasi ini tak ditangani secara cepat, tumor yang ada Di lambung dapat menyebar atau menempel Ke organ lain.

Karenanya, dr Agi menyarankan kepada Komunitas Sebagai mulai menjalankan pola Kebugaran Yangbaik Bersama memakan Minuman bergizi seimbang, tidak banyak mengonsumsi Minuman berminyak dan panas, serta segera melakukan skrining Kesejaganan Lewat endoskopi atau biopsi Untuk mereka yang sudah berusia 40 tahun Di atas guna mengetahui Situasi Kesejaganan lambungnya secara rinci.

Ia menyarankan agar setiap Minuman yang masuk Di Di mulut dikunyah secara perlahan, Agar menghasilkan tekstur yang halus dan mempermudah lambung serta usus mengolahnya Bersama lebih baik.

“Itu Tanda-Tanda tumor lambung yang kalau kita tidak lakukan tindakan Agar dia tumbuh Di Di dan luar, Agar penderita merasa tidak enak dan nyeri Sebab dia ada peregangan Bersama tumor itu,” ujarnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Praktisi Medis Ungkap Warna Feses Seperti Ini Bisa Dari Sebab Itu Tanda-Tanda Kanker Lambung