Henti Jantung Ke Olahragawan Muda, Mengapa Dapat Terjadi? Begini Kata Praktisi Medis


Jakarta

Tindak Kejahatan henti jantung mendadak atau cardiac arrest seringkali menjadi penyebab utama kematian Olahragawan muda. Kebugaran ini kerap tidak disadari Lantaran bisa terjadi tanpa adanya Tanda Sebelumnya.

Kebugaran ini menjadi sorotan Setelahnya Olahragawan bulutangkis muda asal China, Zhang Zhi Jie, meninggal dunia Pada bertanding. Menurut laporan, Olahragawan berusia 17 tahun itu didiagnosis meninggal Lantaran henti jantung mendadak.

Terlepas Bersama itu, spesialis bedah jantung dan pembuluh darah dr Rugun Maria Elizabeth Tobing, SpBTKV, menjelaskan ada dua kemungkinan penyebab Kebugaran henti jantung banyak dialami orang usia muda.


“Kalau umur yang muda, apalagi Hingga bawah 20 tahun ya, itu kemungkinan besar Lantaran ada kelainan jantung bawaan. Itu bisa ada beberapa tipe. Tapi, secara statistik paling banyak adalah gangguan otot jantung yang disebut kardiomiopati atau Hypertrophic obstructive cardiomyopathy (HOCM),” jelas dr Rugun Pada dihubungi detikcom, Kamis (4/7/2024).

“Itu memang bawaan dan itu progresif. Karena Itu, pelan-pelan makin berat,” sambungnya.

Hingga Di Itu, Kebugaran henti jantung juga bisa disebabkan Bersama gangguan irama jantung. Kebugaran ini bisa terjadi Pada ada kelainan Ke kelistrikan Hingga jantung.

Akan Tetapi, dr Rugun mengatakan Kebugaran henti jantung ini tidak selalu bisa dideteksi Bersama awal. Terlebih Hingga usia yang muda, seperti Hingga bawah 20 tahun.

“Apalagi kalau umur semuda itu, biasanya sih check up-nya kan nggak terlalu sampai Di ya, Mungkin Saja masih yang general banget, ini asumsi saja,” tutur dr Rugun.

“Mungkin Saja kalau Ke umur 17 kan Dikatakan belum ada risiko-risiko kelainan jantung. Karena Itu kalau dia belum ada keluhan yang bermakna, Mungkin Saja tidak pernah Hingga check sampai detail Hingga arah jantung,” pungkasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Henti Jantung Ke Olahragawan Muda, Mengapa Dapat Terjadi? Begini Kata Praktisi Medis