Mahfud MD Sebut 1 Muharam Momentum Deklarasi Peradaban, Ini Penjelasannya

Mantan Menko Polhukam Mahfud MD menyebut, 1 Muharam momentum deklarasi peradaban. Foto/SINDOnews

JAKARTAMahfud MD mengisi ceramah Di peringatan Tahun Mutakhir Islam, 1 Muharam 1446 H, yang digelar Didalam Masjid Istiqlal, Di Jakarta, Minggu (7/7/2024). Mahfud menyebut, 1 Muharam menjadi momentum waktu Nabi Muhammad hijrah Didalam Makkah Di Madinah yang menjadi tonggak peradaban.

Mahfud menyebut, kehadirannya Di Masjid Istiqlal mengisi ceramah atas undangan sahabatnya, Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar. Mahfud mengisi ceramah Gebyar Hijriah Tahun Mutakhir Islam bertajuk ‘Nusantara Bertamaddun Di Indonesia Emas’.

“Bertamaddun artinya berperadaban. Hijrah Nabi Muhammad Didalam Makkah Di Madinah adalah tonggak peradaban,” kata Mahfud Untuk keterangannya, Minggu (7/7/2024).

Mantan Menko Polhukam inimenyebut, Nabi Muhammad telah menancapkan tonggak lahirnya peradaban Islam. Nabi Muhammad telah berhasil membangun Negeri Madinah yang inklusif.

“Maka pembangunan Negeri Madinah yang inklusif Di awal hijrahnya Nabi, adalah titik tonggak lahirnya peradaban Islam,” jelasnya.

“Didalam Sebab Itu bermaddun artinya kembali Di nilai-nilai peradaban, atau kembali Di nilai-nilai yang dibangun Di membangun Madinah, Ditengah lain inklusifisme. Lantaran Madinah bukan Negeri eksklusif, sebagaimana yang tercantum Untuk pasal-pasal Piagam Madinah,” tambahnya.

Dia menyebut, belajar Didalam nilai-nilai peradaban Untuk kehidupan berbangsa dan bernegara harus mencipitakan prinsip-prinsip yang dicontohkan Nabi Muhammad. Prinsip pluralisme, berkeadilan, serta mengembangkam ilmu pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan.

“Untuk kehidupan bernegara dan pemerintahan, maka harus tercipta kosmopolitanisme (prinsip kesewarganegaraan), pluralisme atau kesadaran setiap bangsa dan Negeri yang tidak monolitik, tapi plural dan beradab,” jelasnya.

“Lalu, harus ada pula keadilan antar manusia, harus saling menguntungkan secara ekonomi, agar harta tidak berkumpul Di sekelompok orang kaya. Serta dikembangkannya ilmu pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan. Persisnya, membangun suatu Negeri yang Memiliki nilai rahmatan lilalamin,” tegasnya.

Dia menyebutkan, momentum 1 Muharam adalah momentun deklarasi peradaban. Mahfud menutup Didalam menyampaikan ucapatan selamat Tahun Mutakhir 1 Muharam 1446 H.

(maf)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Mahfud MD Sebut 1 Muharam Momentum Deklarasi Peradaban, Ini Penjelasannya