Bayar Tol Tanpa Setop Bakal Berlaku Di 7 Ruas Tol, Cek Daftarnya


Sistem transaksi jalan tol tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) Akansegera diterapkan Di tujuh ruas tol Di Indonesia, mulai Di tol Jagorawi hingga tol Di kota. Simak daftarnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lewat Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menjelaskan tujuh ruas tol itu diuji tahap awal MLFF.

“Sebagai tahap masa transisi sistem MLFF Akansegera diterapkan Di beberapa ruas yang masuk Hingga Di perimbangan masa transisi,” tulis keterangan BPJT, mengutip Detik.

Berikut daftar ruas tol MLFF Di tahap awal:

– Tol Bali Mandara
– Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam),
– Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi)
– Tol Jakarta-Cikampek (Japek)
– Tol Soedijatmo (Tol Bandara Soetta)
– Tol Di Kota Jakarta
– Tol Ruas Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1

Pemerintah mengklaim, Berikutnya implementasi MLFF bakal dilakukan secara bertahap Di ruas tol lainnya Di Indonesia.

Sistem MLFF memungkinkan Pemakai jalan bisa melaju melaju tanpa harus berhenti Di gerbang tol.

“Di tahap Berikutnya implementasi sistem MLFF Akansegera dilakukan secara bertahap Di ruas lainnya Di seluruh jalan tol Di Indonesia,” tutur BPJT.

Komunitas yang ingin menggunakan infrastruktur MLFF harus mendaftar Melewati Gadget Lunak Sebagai melakukan pembayaran, jika tidak, mereka Akansegera dikenakan Pembatasan.

Akan Tetapi, penerapan MLFF ini belum serempak dilakukan dan Terbaru Akansegera berjalan Di penerapan SLFFlebih dulu. Penerapan MLFF dikatakan belum bisa dilakukan lantaran berbagai faktor.

Sebagai tahap awal penerapan pembayaran tol tanpa setop Akansegera menggunakan sistem Single Lane Free Flow (SLFF) Di barrier dan tapping (hybrid).

Di skema SLFF, setiap Kendaraan Pribadi yang melintas Di gerbang tol masih ditutup Di palang. Apabila pembayaran sudah terdeteksi, maka palang pintu otomatis Akansegera terbuka.

Sebelumnya Itu, Direktur Utama PT Roatex Indonesia, badan usaha pelaksana (BUP) sistem MLFF, Attila Keszeg menyebutkan sistem bayartoltanpa setop aliasMLFF Akansegera dimulai Oktober 2024.

“Insyaallah, insyallah (dimulai Oktober 2024),” kata Attila Di Media Briefing Di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Selasa (28/5).




Cara Kerja MLFF, Bayar Tol Tanpa Berhenti (Foto: CNNIndonesia/ Agder Maulana)

Sistem transaksi pembayaran jalan tol nontunai nirsentuh ini sebenarnya sudah diuji coba Dari 12 Desember 2023 Di Tol Mandara, Bali.

Pemerintah juga sudah mengatur MLFF. Hal ini tertuang Di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2024 tentang Jalan Tol yang diteken Ri Joko Widodo (Jokowi) Di 20 Mei 2024 lalu.

Kini, Pemakai jalan tol wajib mendaftarkan nomor kendaraanya Hingga Gadget Lunak MLFF yang bernama Cantas.

[Gambas:Video CNN]




Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Bayar Tol Tanpa Setop Bakal Berlaku Di 7 Ruas Tol, Cek Daftarnya