Cegah Penyalahgunaan Jabatan, KPK Kolaborasi Didalam Pemprov Jateng Ajak Kepala OPD Bentuk Keluarga Berintegritas

Guna mencegah Penyalahgunaan Jabatan, KPK berkolaborasi Didalam Pemprov Jateng membentuk keluarga berintegritas, Untuk Bimtek Keluarga Berintegritas Di Ruang Pertemuan BPKAD Jateng Semarang, Senin (8/7/2024).

SEMARANG – Guna mencegah Penyalahgunaan Jabatan, Komisi Pemberantasan Penyalahgunaan Jabatan (KPK) berkolaborasi Didalam Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Di Sebagai bersama membentuk keluarga berintegritas. Hal ini tampak Untuk kegiatan Bimbingan Teknis Keluarga Berintegritas bertema Keluarga Berintegritas Ke Indonesia Emas Di Ruang Pertemuan BPKAD Jateng Semarang, Senin (8/7/2024).

Sekda Jateng Sumarno mengatakan, kegiatan Bintek Keluarga Berintegritas merupakan kolaborasi Di Pemprov Didalam KPK. Sebab integritas itu merupakan hal penting Yang dimulai Didalam keluarga.

“Integritas itu memang salah satunya dimulai Didalam keluarga. Lantaran kita semua bekerja Untuk rangka mencari nafkah Sebagai keluarga. Apa yang diperoleh suami atau istri Di kantor, apa saja, harus ada keterbukaan,” kata Sumarno usai membuka Peristiwa Di lokasi.

Ia mengatakan, keluargalah yang nanti mengontrol. Karena Itu, rezeki yang dibawa suami Didalam tempat kerja sesuai Didalam nilai yang seharusnya diterima.

“Seorang istri jangan Sejahtera kalau suaminya membawa rezeki yang tidak biasa Ke Tempattinggal. Itu wajib ditanya, ditanya dapatnya Didalam mana. Sepanjang itu Karena Itu haknya, itu disyukuri,” ucapnya.

Tetapi bila tidak sesuai, maka keluarga harus menegur. Di Itu pula, Life Style istri harus sesuai Didalam kapasitasnya. Supaya suami bisa kerja Didalam Damai.

Adapun peserta kali ini, kata dia, merupakan semua Kepala OPD Pemprov Jateng, Tetapi ada beberapa yang tidak hadir Lantaran ada kegiatan BPKRI yang tidak bisa diwakilkan. Total yang hadir 35 orang beserta istri/suami.

“Hadir saja, menurut saya, ini adalah bentuk komitmen bersama menjaga integritas,” ujar Sekda.

Direktur Pembinaan Peran Serta Komunitas KPK Kumbul Kuswidjanto Sudjadi mengatakan, Untuk kegiatan pihaknya menyampaikan sekilas tentang Penyalahgunaan Jabatan, terutama yang melibatkan keluarga. Lalu, Upaya Mencegah Penyalahgunaan Jabatan Didalam keluarga.

“Kita juga melibatkan motivator dan psikolog Sebagai membangun keluarga yang harmonis, yang penuh keterbukaan, saling menyayangi, saling mengingatkan, Sebagai sama-sama tidak melakukan perbuatan melanggar hukum, termasuk juga melakukan Kartu Peringatan Penyalahgunaan Jabatan,” kata Kumbul.

Kumbul menuturkan, musuh utama Penyalahgunaan Jabatan ada Di hati masing-masing. Maka setiap individu harus tidak melakukan Penyalahgunaan Jabatan. Berikutnya, keluarga. Kalau masing-masing keluarga sudah tidak Penyalahgunaan Jabatan, diharapkan lingkungan sekitarnya tidak Penyalahgunaan Jabatan seperti RT, RW dan lainnya.

“Karena Itu kontribusi nyata bahwa keluarga sangat penting Sebagai saling mengingatkan. Lantaran kita melihat Tindak Kejahatan Penyalahgunaan Jabatan modusnya melibatkan keluarga. Baik itu istri atau anak,” ujarnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Cegah Penyalahgunaan Jabatan, KPK Kolaborasi Didalam Pemprov Jateng Ajak Kepala OPD Bentuk Keluarga Berintegritas