Sungai Citarum Terkontaminasi Bahan Aktif Parasetamol, Apa Bahayanya?


Jakarta

Badan Eksperimen dan Perkembangan Nasional (BRIN) mendeteksi adanya kontaminasi bahan aktif Perawatan atau APIs, yakni paracetamol dan amoxilin. Ini ditemukan Di Area Aliran Sungai (DAS) Citarum Hulu, Jawa Barat.

Temuan ini terungkap Untuk hasil Eksperimen dilakukan Didalam penghitungan banyak aspek, seperti konsentrasi bahan aktif Perawatan yang diminum, frekuensi Perawatan, jumlah Perawatan yang dikonsumsi, dan berapa lama masa sakit responden Untuk setahun.

“Hasilnya Sebagai bahan kimia aktif dapat dilihat bahwa ternyata paracetamol dan amoxilin menjadi APIs Didalam penggunaan paling besar Di DAS Citarum Hulu,” beber Peneliti Kelompok Eksperimen Ekotoksikologi Perairan Darat, Pusat Eksperimen Limnologi dan Sumber Daya Air BRIN Rosetyati Retno Utami Untuk keterangan Di laman resmi BRIN, Senin (8/7/2024).


Lantas, seperti apa risiko Di perairan tercemar bahan aktif Perawatan?

Guru Besar Pharma Universitas Gadjah Mada Prof Zullies Ikawati mengatakan risiko Untuk kontaminasi bahan aktif, seperti paracetamol dan amoxilin, Bisa Jadi saja ada. Apa saja dampak yang muncul, menurut Prof Zullies dipengaruhi konsentrasi cemaran yang ditemukan Di perairan.

“Sebagai parasetamol, jika sangat kecil Bisa Jadi belum Akansegera Menyediakan efek signifikan Di lingkungan biota perairan, maupun orang yang mengkonsumsi air sungai tersebut (bila ada),” jelas Prof Zullies Di dihubungi detikcom, Senin (8/7/2024).

“Tetapi Sebagai antibiotik, perlu perhatian lebih, Lantaran antibiotik ini dapat membunuh mikroorganisme yang ada Di perairan tersebut, tetapi tergantung Untuk dosisnya,” sambungnya.

Prof Zullies menjelaskan adanya paparan antibiotik dapat menyebabkan musnahnya bakteri-bakteri baik yang Bisa Jadi diperlukan Dari lingkungan. Misalnya seperti bakteri Sebagai pembusukan dan lain sebagainya.

Di sisi lain, paparan antibiotik ini dapat memicu terjadinya mutasi bakteri. Hal itu bisa membuat bakteri resisten Di Perawatan antibiotik.

“Hal ini cukup berbahaya jika bakteri patogen tersebut menginfeksi manusia, dan kebetulan adalah bakteri yang resisten Di antibiotik. Maka, Gangguan Infeksi menjadi lebih sulit disembuhkan dan memerlukan antibiotik yang lebih kuat dan kadang lebih mahal,” tuturnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Sungai Citarum Terkontaminasi Bahan Aktif Parasetamol, Apa Bahayanya?