Bisnis  

PLN IP Siap Kembangkan Pembangkit Hidrogen Berkapasitas 41 Gigawatt

PLTP Kamojang menjadi pembangkit listrik tenaga geothermal pertama yang memproduksi green hydrogen. FOTO/dok.SINDOnews

JAKARTA – PLN Indonesia Power ( PLN IP ) bersiap Membuat pembangkit listrik berbasis energi Terbaru terbarukan (EBT) hidrogen Di kapasitas 41 gigawatt (GW).

Direktur Utama PLN IP Edwin Nugraha Putra mengatakan, langkah ini merupakan terobosan yang dilakukan perusahaan Untuk melaksanakan transisi energi Untuk mencapai target net zero emission (NZE) Di 2060.

“Pembuatan hidrogen merupakan salah satu roadmap yang dimiliki PLN Untuk mencapai target NDC atau national determined contribution Di 2030 dan net zero emission Di 2060,” ujarnya Untuk pernyataan tertulis, Selasa (9/7/2024).

Menurut Edwin, hidrogen merupakan salah satu solusi Untuk Memangkas emisi karbon yang dihasilkan kendaraan bermotor, sebab energi tersebut tidak menghasilkan zat sisa pembakaran atau emisi karbon. Sistem hidrogen sendiri sebenarnya sudah lama digunakan Di pembangkit listrik Untuk mendinginkan generator.

Berdasarkan Ide 2023-2030, PLN IP melakukan Pembuatan energi hidrogen dan amonia sebagai turunan Di hidrogen, Di pembangkit listrik sebagai bahan bakar pengganti energi fosil.

“Tentu ini Akansegera banyak Memberi banyak manfaat, Lantaran zero carbon dan penghematan biayanya sangat tinggi. Karena Itu inilah yang terjadi jika kita menggunakan hidrogen,” kata Edwin.

PLN IP telah menyediakan infrastruktur hidrogen Di hulu hingga hilir. Di sisi hulu, perusahaan telah menjadikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang resmi menjadi penghasil hidrogen hijau (green hydrogen) berbasis panas bumi pertama Di Asia Tenggara.

Di Di Itu, PLN IP juga Akansegera Membuat PLTP lain sebagai produsen hidrogen, yaitu PLTP Gunung Salak, Ulubelu, Darajat, Lahendong dan Ulumbu. “PLN IP Akansegera Menunjukkan komitmen kepada dunia, bahwa kami menggunakan hidrogen Untuk menghasilkan energi yang ramah lingkungan,” tuturnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: PLN IP Siap Kembangkan Pembangkit Hidrogen Berkapasitas 41 Gigawatt