Tanah Longsor Bencana Paling Mematikan Ke Indonesia Sepanjang 2024

Sebanyak 11 orang meninggal dan 20 orang lainnya hilang Di musibah tanah longsor Ke Desa Tulabolo Timur, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Foto/SAR Gorontalo

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) menyebut tanah longsor menjadi bencana paling mematikan Ke Indonesia Di 2024. Salah satunya, kejadian longsor yang Mutakhir saja terjadi Ke Pertambangan Rakyat, Bone Bolango, Gorontalo.

“Secara Keseluruhan tentu kita menyampaikan simpati yang mendalam, masih Di proses pencarian longsor Ke Lokasi pertambangan tambang rakyat Ke Bone Bolango, Gorontalo, hingga Di ini sudah ditemukan lagi (korban). Kalau tadi malam kita ada 10 korban masih ada yang hilang, ini Bisa Jadi menasbihkan ya bahwa tahun ini itu bencana paling mematikan Ke Indonesia itu tanah longsor,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari Di Disaster Briefing, dikutip Rabu (10/7/2024).

Aam sapaan Abdul Muhari mengatakan data korban jiwa yang meninggal akibat bencana longsor Ke Bone Bolango sesuai cut off data BNPB per 8 Juli masih tercatat 9 korban meninggal. Akan Tetapi, Skuat gabungan telah menemukan 13 korban meninggal yang masih Di proses identifikasi.

“Setelahnya Itu ada 9 korban meninggal, ini masih Di hitungan yang Sebagai Bone Bolango masih 6, cut off datanya masih Ke 6. Sedangkan ini tadi per tadi malam itu sudah 10 korban jiwa yang sudah teridentifikasi. Dan hari ini proses pencarian terbantu Dari Situasi cuaca yang cukup mendukung Supaya disampaikan ada 10 atau 13 jasad yang sudah ditemukan yang masih Di proses identifikasi,” kata Aam.

Aam mengatakan pihaknya tidak langsung mendata korban ketika ditemukan Ke lapangan. BNPB Berencana memastikan validitas korban baik Dari Polri maupun Dari Skuat SAR maupun BPBD setempat. “Sedapat Bisa Jadi biasanya kita cek identitas dulu Mutakhir kita masukkan Di laporan korban jiwa. Karena Itu sebenarnya ini cukup-cukup signifikan ya korban jiwa Ke minggu kemarin. Kendati kejadian Bone Bolango itu Mutakhir hari Minggu, seperti cut off data kita.”

Aam menyebut Di sepekan telah terjadi 51 kali kejadian bencana Menyapu. “Karena Itu Bisa Jadi kita bisa lihat, Ke Minggu ini ada 51 kali kejadian bencana. Ini sebenarnya cukup naik ya. Kalau Ke periode transisi, musim transisi atau musim kemarau ini jumlah kejadian bencana yang dilaporkan Ke BNPB, Di artian jumlah kejadian bencana yang berdampak signifikan, itu biasanya, Di 4 minggu terakhir kita tidak pernah lebih Di 30 kejadian, ini 51 kejadian,” kata Aam.

Aam menambahkan, bencana Genangan Air tetap mendominasi Kendati hampir 50% kawasan Indonesia menurut BMKG sudah ada Ke musim kemarau. “Kita Ke puncak kemarau sebenarnya Juli-Agustus tapi Genangan Air masih mendominasi,” ucapnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Tanah Longsor Bencana Paling Mematikan Ke Indonesia Sepanjang 2024