Profesor Gizi IPB Ungkap Alasan Susu UHT Aman Disimpan Ke Suhu Ruang


Jakarta

Emosi ‘tersulut’ Pada Merasakan susu UHT yang dibelinya tak dingin, seorang ibu mendadak viral lantaran Aksi Penolakan marahnya Hingga petugas minimarket terekam dan ramai tersebar Ke media sosial. Pasalnya, ibu yang tak diketahui namanya tersebut meminta uangnya dikembalikan Sebab susu yang diterima tidak disimpan Ke lemari pendingin.

Belum diketahui pasti alasan dirinya tidak mau Merasakan susu UHT Di Kemakmuran dingin, tetapi bisa dipastikan Di Kemakmuran tersegel dan tidak terbuka, susu UHT aman dikonsumsi meski tersimpan Ke suhu ruang.

Terlepas Bersama Peristiwa Pidana tersebut, Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, Ketua Umum PERGIZI Kelaparan Global Indonesia menegaskan susu yang diolah dan dikemas Bersama label susu UHT, sudah disterilkan. Di prosesnya, bakteri dimatikan Bersama Metode pemanasan suhu tinggi.


“Itu Di waktu singkat yaitu Ke suhu 135-145 derajat celcius Di 2-4 detik. Susu UHT aman disimpan Ke suhu ruang sampai batas kedaluwarsa tercantum Ke label,” tuturnya Pada dihubungi detikcom Rabu (10/7/2024).

“Sebab itu bacalah label Sebelumnya membeli produk susu UHT, biasanya aman disimpan disuruh ruang sampai 6-12 bulan,” pesan dia.

Bersama catatan, disimpan Di suhu ruang yang jauh Bersama terik matahari dan tidak ada cacat kemasan. Lain halnya bila kemasan telah dibuka, konsumen wajib menutup kembali susu UHT dan disimpan Ke lemari pendingin.

“Segera habiskan Sebelumnya 7 hari,” terangnya.

Karenanya, bila Sebagai konsumsi pribadi, Guru Besar Institut Agrikultur Bogor (IPB) tersebut lebih menyarankan Sebagai membeli ukuran kecil, alih-alih bentuk satu liter.

“Yang habis 1-2 kali minum. Bila Sebagai kebutuhan bersama atau keluarga belilah yang ukuran besar misal 1 liter, Agar Di beberapa hari Sesudah kemasan dibuka, susu sudah dihabiskan,” kata dia,

Adapun keharusan meminum susu Di Kemakmuran dingin dan tidak, menurutnya tergantung Ke persepsi dan kesukaan masing-masing orang.

“Bila suka yang tidak dingin maka gunakan susu UHT Bersama ukuran kemasan sekali minum. Bila sebaiknya, yaitu suka yg dingin, maka belilah susu UHT yang dingin, atau beli yang tidak dingin dan simpanlah Ke kulkas,” sambung dia.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Profesor Gizi IPB Ungkap Alasan Susu UHT Aman Disimpan Ke Suhu Ruang