Bocoran BBM Jenis Mutakhir Pertamina Segera Meluncur 17 Agustus 2024


Jakarta, CNN Indonesia

Wacana kemunculan Bahan Bakar Energi (BBM) jenis Mutakhir rendah sulfur muncul Di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang dikatakan bakal meluncur sebagai ‘pilot project‘ Di hari perayaan kemerdekaan Indonesia Di 17 Agustus 2024.

Pembantu Presiden Pembantu Presiden ESDM Arifin Tasrif Di Jakarta Di Jumat (12/7) mengatakan BBM rendah sulfur sebagai alternatif Untuk mencapai Kehidupan Sehat dan Mengurangi emisi Di udara. Kata dia Di ini Lagi dicari bahan pencampur yang bisa membuat kandungan sulfur Di BBM berkurang.

“Karena Itu gini kita cari bahan pencampur yang bisa Mengurangi sulfur konten. Sekarang kan kita masih 500 ppm-an. Kalau standarnya Euro 5 kan harus Di bawah 50. Di itu kan ongkosnya ada. Tapi kilang kita belum kelar sih Di Balikpapan,” terang Arifin.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Euro 4 dan bensin yang sesuai

BBM bensin yang diedarkan perusahaan pelat merah Pertamina Di ini ada yang mengandung sulfur maksimal 500 ppm, yaitu Pertalite dan Pertamax. Sambil produk Didalam sulfur maksimal 50 ppm adalah Pertamax Turbo.

Spesifikasi BBM Yang Berhubungan Didalam kandungan sulfur atau belerang ini diatur Didalam peraturan yang dikeluarkan ESDM.

Mulai 2018 lalu Indonesia sudah beralih Hingga regulasi emisi Euro 4 Untuk kendaraan roda empat bensin berdasarkan Peraturan Pembantu Presiden Pembantu Presiden Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 Tahun 2017 tentang batas emisi setara Euro 4.

Dari aturan ini terbit Kendaraan Pribadi-Kendaraan Pribadi Mutakhir yang dijual Di Di negeri spesifikasi mesinnya Euro 4. Meski begitu pilihan BBM yang sesuai cuma sedikit, yaitu hanya Pertamax Turbo.

Menurut Peraturan Pembantu Presiden Pembantu Presiden LHK itu spesifikasi bahan bakar Euro 4 yakni RON minimal 91, bebas timbal dan kandungan sulfurnya maksimal 50 ppm. Sambil spesifikasi Pertamax Turbo adalah RON 98 dan kandungan sulfur maksimal 50 ppm.

Pertamina Di tahun lalu sudah merilis BBM jenis Mutakhir Didalam spesifikasi rendah sulfur alias maksimal 50 ppm, yaitu Pertamax Green 95, yang merupakan campuran Pertamax RON 92 Didalam etanol 5 persen.

Hal ini Karena Itu bukti mencampur etanol seperti Di Pertamax Green 95 yang diambil Di etanol olahan molases tebu bisa Merasakan target penurunan sulfur.

17 Agustus 2024

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi menjelaskan BBM jenis Mutakhir itu Akansegera mulai diperkenalkan Di 17 Agustus 2024.

“Kalau rendah sulfur ini Akansegera mulai tapi sebagai pilot, 17 itu adalah semacam kick-off-nya mau mulai Di sana. Terus yang disampaikan 17 Agustus pembatasan, tadi Pak Pembantu Presiden Pembantu Presiden sudah nyampein ini lagi dibahas Di Perpres 191 mengenai mana aja yang targetnya siapa aja,” jelas Agus.

Sebelumnya Itu BBM rendah sulfur ini juga sempat disinggung Pembantu Presiden Pembantu Presiden Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal Asing Luhut Binsar Pandjaitan Di membicarakan bioetanol menggantikan bensin.

“Kita kan sekarang berencana ini mau Merangsang segera bioetanol masuk, menggantikan bensin,” kata Luhut Di unggahan akun media sosialnya, @luhut.pandjaitan, Selasa (9/7).

Luhut juga mengatakan bioetanol buat menggantikan bensin Lagi dikerjakan Pertamina.

“Nah ini sekarang lagi diproses, dikerjakan Didalam Pertamina. Nah kalau ini semua berjalan Didalam baik Di situ saya kira kita bisa menghemat lagi,” kata Luhut.

Dia juga mengingatkan selain penghematan Biaya Bangsa, bioetanol juga bisa membantu Mengurangi polusi udara.

“Sebab sulfur yang Di ini kan sampai 500 ppm ya. Kita mau sulfurnya itu 50 ppm lah,” ucap dia.

(fea/mik)




Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Bocoran BBM Jenis Mutakhir Pertamina Segera Meluncur 17 Agustus 2024