Rasakan 9 Manfaat Melon Ini, jika Rutin Dikonsumsi

Jakarta

Melon termasuk buah yang mudah ditemukan Ke seluruh Indonesia. Kulit melon berwarna hijau dan warna daging buahnya juga serupa. Tetapi ada pula varietas melon yang warna daging buahnya oranye.

Buah melon sangat cocok dinikmati Pada cuaca panas terik. Kandungan airnya yang tinggi sangat menyegarkan dan bisa melepas dahaga. Ke Di Itu, ternyata melon mengandung berbagai Minuman Bergizi yang mendukung banyak manfaat Untuk Kesejajaran lho.

Temukan sederet Minuman Bergizi dan manfaat buah melon Ke bawah ini.


Manfaat Buah Melon

Buah melon ternyata Memiliki sejumlah manfaat lho. Berikut deretan manfaat melon, dikutip Untuk Healthline:

1. Kaya Berencana Minuman Bergizi

Melon kaya Berencana berbagai Minuman Bergizi yang dukung sejumlah manfaat potensialnya Sebagai Kesejajaran. Menurut data Departemen Agrikultur Amerika Serikat (USDA), 177 gram melon madu menyediakan:

  • Kalori: 64
  • Karbohidrat: 16 Kerjasamaekonomiinternasional (gram)
  • Serat: 1,4 Kerjasamaekonomiinternasional
  • Protein: 1 Kerjasamaekonomiinternasional
  • Lemak: 0 Kerjasamaekonomiinternasional
  • Vitamin C: 53% Untuk RDI (asupan harian yang direkomendasikan)
  • Vitamin B6: 8% Untuk RDI
  • Folat: 8% Untuk RDI
  • Vitamin K: 6% Untuk RDI
  • Kalium: 12% Untuk RDI
  • Magnesium: 4% Untuk RDI.

Ke Di Itu, buah melon juga mengandung senyawa antioksidan seperti beta karoten, fitoena, quercetin, dan asam kafeat.

2. Menstabilkan Tekanan Darah

Melon adalah buah rendah sodium dan tinggi kalium, yang dapat menjaga tekanan darah normal dan stabil. Secara Keseluruhan, pola makan kaya buah dan sayur dikaitkan Didalam penurunan risiko tekanan darah tinggi serta Gangguan jantung. Lebih khusus lagi, konsumsi rendah sodium (natrium) berdampak baik Di tekanan darah.

3. Memelihara Kekuatan Tulang

Melon mengandung berbagai Minuman Bergizi yang baik Sebagai Kesejajaran tulang Untuk jumlah besar atau kecil. Misal, vitamin K membantu produksi osteocalcin yang merupakan protein struktural utama tulang. Sel-sel Ke Untuk tulang juga membutuhkan magnesium Untuk melon agar berfungsi Didalam baik.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Beberapa Studi Menunjukkan konsumsi buah seperti melon secara teratur bisa menstabilkan kadar gula darah. Melon mengandung gula Untuk bentuk sederhana dan kompleks, serat, serta Minuman Bergizi lain yang membantu mengendalikan kadar gula Untuk tubuh.

5. Menjaga Hidrasi Tubuh

Untuk satu buah melon madu terkandung Di 90% air dan elektrolit seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium. Kombinasi air dan sejumlah Minuman Bergizi ini membuat melon Dari Sebab Itu buah yang bagus dikonsumsi Setelahnya Latihan atau Pada sakit Lantaran efektif membuat tubuh tetap terhidrasi.

6. Menjaga Kulit Tetap Sehat

Vitamin C Untuk melon tergolong tinggi. Minuman Bergizi ini diketahui penting Untuk produksi kolagen, yaitu protein struktural utama Sebagai memperbaiki dan memelihara jaringan kulit.

Ke sisi lain, vitamin C merupakan antioksidan yang kuat. Studi menemukan, vitamin C mampu melindungi kulit Untuk kerusakan akibat sinar matahari.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C juga penting Untuk Mendorong kekebalan tubuh berfungsi Didalam baik. Studi Menunjukkan asupan vitamin C yang cukup bisa mencegah dan mengobati berbagai Penyakit Menyebar pernapasan.

Melon termasuk buah yang menyediakan vitamin C tinggi. Setengah Untuk asupan vitamin C harian sudah bisa diperoleh Untuk 177 gram melon.

8. Baik Sebagai Pencernaan

Serat dikenal mampu Meningkatkan Kesejajaran pencernaan. Asupan serat yang cukup memperlambat respons gula darah, menjaga keteraturan usus, serta Mendorong Perkembangan bakteri usus yang sehat. Kandungan serat Untuk melon dapat berkontribusi Di asupan harian yang dibutuhkan tubuh.

9. Memelihara Kesejajaran Mata

Melon madu mengandung antioksidan kuat seperti lutein dan zeaxanthin. Senyawa ini diketahui baik Sebagai memelihara Kesejajaran mata Didalam mencegah hilangnya penglihatan. Studi menemukan konsumsi Minuman tinggi antioksidan, seperti melon, secara teratur dapat menjaga fungsi mata Didalam baik.

Apakah Buah Melon Boleh Dikonsumsi Setiap Hari?

Dilansir Health, melon termasuk buah yang baik dikonsumsi rutin dan aman ditoleransi Dari kebanyakan orang. Tetapi, beberapa orang Didalam Kebugaran tertentu Mungkin Saja perlu menghindari atau meminimalisir makan buah melon.

Mereka adalah orang yang didiagnosis alergi melon, Merasakan sindrom iritasi usus besar, serta pasien diabetes tipe 2 dan resistensi insulin. Kebugaran lain adalah mereka yang rentan terinfeksi E.coli, Listeria, atau Salmonella Lantaran penanganan buah yang kurang baik.

Cara Mengonsumsi Buah Melon

Buah melon tidak Berencana matang Setelahnya dipanen. Lantaran itu, pilihlah atau belilah melon yang jelas-jelas sudah matang. Kematangannya dapat diketahui Untuk aromanya yang harum, tidak bonyok, dan tidak keras alias agak lembek Pada ditekan.

Melon madu yang sudah matang dapat dinikmati secara langsung, dicampurkan Ke salad buah, dijadikan jus atau melon slushy, dibuat menjadi es krim, atau dicelupkan Ke lelehan cokelat menjadi es kul-kul. Usahakan tidak menggunakan gula tambahan Untuk jumlah besar.

Sebelumnya dikonsumsi, pastikan cuci bersih buah melon secara menyeluruh. Cuci dan kalau perlu gosok kulit luar melon Didalam bersih. Kupas kulitnya dan bilas Didalam air hangat Sebelumnya dagingnya diiris. Hal ini agar bakteri yang Mungkin Saja menempel Ke kulitnya tidak berpindah Ke daging melon.

Setelahnya dipotong, melon harus selalu disimpan Ke kulkas. Jika dibiarkan Ke suhu ruangan atau Ke luar, bakteri pembawa Gangguan bisa saja tumbuh. Buah melon dapat bertahan hingga lima hari bila disimpan Ke kulkas.

Nah, itu tadi penjelasan manfaat buah melon serta cara mengkonsumsinya. Selain melon, berbagai buah dan sayuran lain dapat dikonsumsi Sebagai mencukupi kebutuhan Minuman Bergizi tubuh.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Rasakan 9 Manfaat Melon Ini, jika Rutin Dikonsumsi