Bisnis  

PLN EPI Gelar Workshop Pemanfaatan Limbah Tempattinggal Tangga

Workshop pengolahan limbah Tempattinggal tangga dan Kekayaan Budaya Dunia K3 yang digelar PLN EPI dan Kertabumi Recycling Center. FOTO/Ist

JAKARTA – PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) berkolaborasi Di Kertabumi Recycling Center Melakukan workshop pemanfaatan limbah Tempattinggal tangga menjadi Produk-Produk yang bermanfaat. Lewat kegiatan ini, PLN EPI Merangsang penciptaan Kekayaan Budaya Dunia keselamatan, Kesejajaran, dan Keselamatan (K3) Hingga lingkungan Komunitas.

Untuk workshop ini dipaparkan cara mengolah Energi jelantah menjadi sabun dan pemanfaatan limbah kantong kresek menjadi casing handphone.Energi jelantah tergolong limbah Produk berbahaya dan beracun (B3) Supaya pembuangannya harus Di cara yang benar dan tepat. Jika tidak diproses Di benar, maka Energi jelantah ini Akansegera berdampak Di lingkungan, seperti pencemaran air, udara, dan tanah.

Bagi Energi jelantah, Untuk workshop tersebut dipaparkan cara pengolahannya menjadi sabun melaluitiga metode, yaitu metode Cold Press (CP), metode Hot Process (HP), dan metode Melt & Pour (MP). Sabun Untuk Energi jelantah ini dapat digunakan Bagi membersihkan lantai ataupun membersihkan kamar mandi serta benda lain yang tidak bersentuhan Di Minuman.

“Untuk pembuatan sabun Untuk Energi jelantah ini, PLN EPI sekaligus menanamkan Kekayaan Budaya Dunia K3 Di memaparkan mengenai hal yang harus diperhatikan seperti penggunaan alat pelindung diri, sarung tangan, masker, dan Kacamata,” ungkapDirektur PLN EPI Iwan Agung Firstantara Untuk siaran pers, Selasa (16/7/2024).

Untuk workshop ini, sebanyak63 peserta yang terdiri Untuk warga Di kantor dan pegawai PLN EPI juga diajarkan Bagi membuat casing handphone Untuk limbah kantong kresek/plastik. Limbah plastik sendiri merupakan limbah yang memerlukan penindakan lebih, Lantaran sifatnya yang membutuhkan waktu lama serta susah Bagi didaur ulang. Bagi itu pengolahan Di Detail Untuk limbah kantong plastik sangat diperlukan.

“Di dilaksanakannya workshop ini, diharapkan dapat Meningkatkan pengetahuan Pada pemanfaatan limbah Tempattinggal tangga beserta penerapan K3 Hingga lingkungan Komunitas,” kata Iwan.

Salah satu peserta,Dian Sutopo, mengungkapkan bahwa Inisiatif ini dapat Meningkatkan kesadaran sekaligus melahirkan kebiasaan Bagi menerapkan Life Style yang ramah Pada lingkungan. “Terima kasih PLN EPI atas kepeduliannya Pada lingkungan dan juga mengajarkan mendaur ulang sampah menjadi Produk yang bermanfaat,” ujarnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: PLN EPI Gelar Workshop Pemanfaatan Limbah Tempattinggal Tangga