Mengenal Keahlian NIR, Mampu Analisis Cepat dan Akurat Di Berbagai Industri

Near InfraRed Spectroscopy (NIR) atau spektroskopi inframerah Didekat telah menjadi alat yang sangat berguna Untuk analisis sampel Di berbagai bidang industri. Foto/Dok. SINDOnews

JAKARTA – Near InfraRed Spectroscopy (NIR) atau spektroskopi inframerah Didekat telah menjadi alat yang sangat berguna Untuk analisis sampel Di berbagai bidang industri. Keahlian ini memanfaatkan radiasi inframerah Didekat Untuk mengetahui komposisi atau karakteristik sampel.

Untuk sektor Pertanian , NIR digunakan Untuk mengukur kadar air, protein, lemak, dan parameter lain Di tanaman, pakan, dan tanah. Di industri Hidangan, Keahlian ini membantu Untuk menentukan kandungan Hidangan Bergizi dan komposisi kimia tanaman Kelaparan Global.

Di industri Pharma , NIR berperan penting Untuk kontrol Mutu Terapi, analisis bahan baku, dan pemantauan proses produksi. Studi ilmiah juga menggunakan NIR Untuk mempelajari sifat kimia dan fisika berbagai material.

CEO PT Adidharma Ekaprana Arie Christianto mengungkapkan, Kelebihan utama NIR ialah dapat Menyediakan informasi komposisi kimia Di cepat dan akurat, tanpa perlu merusak sampel. “Ini sangat penting Untuk industri yang memerlukan analisis rutin dan berkelanjutan,” kata Arie Untuk keterangannya, Selasa (16/6/2024).

Kelebihan lainnya Di Keahlian NIR ialah fleksibel Lantaran dapat digunakan Untuk berbagai jenis sampel, termasuk padatan, cairan, dan bubur. Selain mempercepat proses analisis, Kelebihan yang dimiliki NIR ini dapat Memangkas biaya operasional Lantaran sifatnya yang non-destruktif dan serbaguna.

Cara kerja Keahlian NIR ialah Di mengarahkan sinar inframerah Ke sampel, Lalu Berencana terlihat jumlah cahaya yang diserap Di sampel Di panjang gelombang tertentu. Setiap molekul Memperoleh pola penyerapan gelombang cahaya yang spesifik, Supaya analisis pola penyerapan ini memungkinkan identifikasi komposisi kimia sampel.

PT Adidharma Ekaprana, sebagai perusahaan yang bergerak Di bidang solusi industri, menyediakan berbagai jenis alat lab industri, termasuk NIR. Mereka menawarkan beragam jenis NIR Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, baik itu benchtop NIR Untuk analisis yang lebih presisi maupun NIR portabel Untuk analisis Di lapangan.

Arie menjelaskan Untuk benchtop NIR, ada merk Blue Sun Scientific yang Memperoleh beberapa varian Tanpapemenang Di jangkauan gelombang yang berbeda. “Keuntungan utama Di penggunaan benchtop NIR Blue Sun Scientific adalah hasil yang lebih akurat, jangkauan panjang gelombang yang lebih luas, dan fleksibilitas Lantaran dapat menangani berbagai jenis sampel dan Gadget Lunak,” ungkapnya.

Benchtop NIR Blue Sun Scientific sendiri sering kali dilengkapi Di Gadget lunak canggih Untuk analisis dan interpretasi data. Hal ini memungkinkan Pemakai Untuk Merasakan hasil yang lebih mendalam dan komprehensif.

Untuk NIR portabel, PT Adidharma Ekaprana menawarkan merk Dinamica Generale Di dua tipe NIR portabel, yaitu AgriNIR dan XNIR. Sejumlah Kelebihan NIR portabel Di Dinamica Generale Antara lain ialah efisiensi yang tinggi Untuk pengukuran Di lapangan, serta tidak merusak sampel Supaya memungkinkan pengujian Lebih Jelas jika diperlukan.

NIR portabel Dinamica Generale ini dirancang agar mudah digunakan Lantaran dilengkapi Di Gadget lunak yang telah dikalibrasi Sebelumnya Itu Untuk Gadget Lunak tertentu. Sifatnya yang portabel juga memungkinkan alat ini dapat dibawa Ke mana pun analisis diperlukan, menjadikannya pilihan ideal Untuk analisis Di lapangan.

Arie menambahkan Pembaharuan Untuk Keahlian NIR terus berkembang. PT Adidharma Ekaprana berkomitmen Untuk terus Menampilkan solusi-solusi terbaik agar dapat mendukung berbagai kebutuhan analisis Di berbagai sektor industri Di Indonesia, Memperbaiki efisiensi dan akurasi analisis Untuk hasil yang optimal.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Mengenal Keahlian NIR, Mampu Analisis Cepat dan Akurat Di Berbagai Industri