Benarkah Makan Kuning Telur Sebabkan Kolesterol Tinggi? Ini Penjelasannya

Jakarta

Telur merupakan salah satu sumber Minuman yang banyak dikonsumsi Komunitas Indonesia. Biasanya, telur diolah Bersama cara diceplok, dadar, atau direbus. Tergantung selera masing-masing.

Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang kaya Berencana Gizi penting Sebagai tubuh, seperti vitamin A, D, E, K, B6, hingga folat. Tetapi, ada satu Pada Di telur yang bikin banyak orang was-was, yaitu kuning telur.

Soalnya, banyak yang menganggap jika kuning telur dapat memicu naiknya kadar kolesterol. Alhasil, orang lebih memilih mengkonsumsi putih telur daripada kuning telur.


Tetapi, apa benar mengkonsumsi kuning telur bisa sebabkan kolesterol tinggi? Simak penjelasannya Di artikel ini.

Apakah Kuning Telur bisa Sebabkan Kolesterol Tinggi?

Sebenarnya, telur utuh Bersama kuning telurnya memang mengandung tinggi kolesterol. Mengutip Healthline, Ke Di kuning telur mengandung Disekitar 210 mg kolesterol.

Di Pada Yang Sama, asupan kolesterol harian yang direkomendasikan adalah 300 mg per hari. Justru Sebagai penderita Penyakit jantung, batas asupan kolesterolnya lebih rendah lagi.

Tingginya kadar kolesterol Di kuning telur tentu membuat banyak orang takut Pada mengkonsumsinya. Padahal, sejumlah peneliti mengungkapkan jika kuning telur tidak berpengaruh secara signifikan Pada kadar kolesterol Di darah.

Studi Di 2014 Menunjukkan, mengkonsumsi kuning telur setiap hari Pada satu tahun tidak berpengaruh secara signifikan Pada kadar kolesterol LDL (jahat) serta rasio kolesterol HDL (penanda penting Penyakit jantung) Di orang dewasa.

Studi lain Di 2015 mengungkapkan, makan dua butir telur per hari tidak berpengaruh secara signifikan Pada kolesterol LDL maupun kontrol glikemik Di orang Bersama kelebihan berat badan (obesitas).

Mengutip Mayo Clinic, justru kolesterol tinggi dapat dipicu Sebab mengkonsumsi Minuman yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Di Itu, Minuman pendamping telur, seperti bacon, sosis, dan Hakasasi Manusia, lebih berisiko Meningkatkan kolesterol tinggi daripada telur itu sendiri.

Lalu, cara memasak telur juga dapat mempengaruhi tingkat kolesterol. Telur yang diolah Bersama cara digoreng menggunakan Energi atau mentega justru lebih berisiko Di Meningkatkan Penyakit jantung daripada telur yang direbus.

Kolesterol Tak Melulu Buruk Sebagai Tubuh

Beberapa orang Mungkin Saja takut Bersama kolesterol. Padahal, kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi Bersama berbagai sel Di tubuh. Disekitar seperempat kolesterol yang dihasilkan Di tubuh diproduksi Bersama sel-sel Ke hati.

Di dasarnya, tubuh membutuhkan kolesterol agar tetap sehat dan Segar. Tetapi, perlu dipahami jika kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yakni kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL).

Jangan sampai salah Di membedakannya, sebab LDL bekerja Bersama cara menumpuk kolesterol Ke pembuluh darah Supaya bisa memicu komplikasi serius. Maka Di itu kolesterol jenis ini kerap disebut kolesterol ‘jahat’. Di Pada Yang Sama, HDL bertugas membersihkan dan membuang LDL keluar Ke liver (hati).

Kandungan Gizi Kuning Telur

Walau mengandung kolesterol yang cukup tinggi, tetapi kuning telur kaya Berencana Gizi lainnya yang baik Sebagai tubuh, seperti:

  • Kalsium
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Selenium
  • Vitamin B6
  • Vitamin B12
  • Vitamin A
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Vitamin K.

Karena Itu, makan kuning telur tak langsung menyebabkan kolesterol tinggi. Hal terpenting adalah selalu menjaga pola makan, rutin Aktivitasfisik, dan tidur yang cukup agar kadar kolesterol tidak Menimbulkan Kekhawatiran yang berisiko Penyakit jantung.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Benarkah Makan Kuning Telur Sebabkan Kolesterol Tinggi? Ini Penjelasannya