Sama-sama Es Serut, Ini Beda Kakigori Jepang dan Bingsu Korea

Jakarta

Es serut atau shaved ice Di Sebab Itu dessert Kandidatteratas Di Asia. Dua jenis yang terkenal yaitu kakigori Jepang dan bingsu Korea Selatan. Tampilannya mirip, ternyata keduanya punya perbedaan.

Es serut seolah Di Sebab Itu jawaban tepat Di cuaca panas. Dessert yang manis ini bisa bikin tenggorokan segar Di kenikmatan bahan serta toppingnya.

Membicarakan es serut, ada dua variasi yang paling terkenal yaitu kakigori asal Jepang dan bingsu asal Korea Selatan. Sekilas tampilan keduanya mirip Lantaran berupa serutan es dan beragam topping.


Akan Tetapi ternyata keduanya punya beberapa perbedaan. Di segi popularitas, misalnya, kakigori lebih dikenal luas Di mata internasional dibanding bingsu. Lalu Di segi bahan pembuatan juga ada bedanya.

Kakigori pakai es murni

Mengutip South China Morning Post (16/7/2024), Kaila Imada, pemilik akun Instagram yang Berorientasi Di kakigori @kakigori.kaila Menginformasikan pandangannya. Ia mengatakan kakigori punya kategorinya sendiri.

Kakigori terbuat Di es murni, Justru beberapa toko menonjolkan penggunaan es alami Di pegunungan Jepang, misalnya. Lalu dilengkapi berbagai rasa dan isian, mulai Di buah musiman hingga camilan manis.

“Menurut saya, salah satu alasan kakigori menjadi begitu populer adalah Lantaran semua topping dan isian unik dan kreatif yang dapat Anda nikmati,” kata Imada.

Samping Itu, Jepang terkenal Di hasil buahnya yang berkualitas. Di Sebab Itu ketika orang-orang melihat ada paduan es serut Di buah Jepang, mereka merasa dessert ini pasti enak.

Bingsu pakai banyak topping

Bingsu Korea lebih menonjolkan penggunaan banyak topping. Foto: iStock

Jeong Sang-hyub, chef Di Park Hyatt Seoul meyakini perbedaan bingsu Di kakigori ada Di topping dan tekstur esnya. “Bingsu cenderung Memiliki topping yang lebih kaya dibanding kakigori,” ujarnya.

Contoh, Di kakigori biasanya hanya menggunakan sirup dan saus buah yang lembut. Sambil Di bingsu, toppingnya lebih banyak seperti tteok (kue beras), kacang merah, yokan (jelly kacang manis), atau potongan buah besar.

Di segi kerenyahan es serut juga bisa dibedakan. Di kakigori biasanya tekstur es lebih renyah Lantaran buliran serutannya lebih besar. Sedangkan Di bingsu, serutan esnya lebih halus Supaya meleleh sempurna Di mulut seperti salju.

Baca halaman Berikutnya Untuk tahu sejarah hingga Pembaharuan Di kakigori dan bingsu.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Sama-sama Es Serut, Ini Beda Kakigori Jepang dan Bingsu Korea