Ikut Berlari Di Pocari Sweat Run 2024? Yuk Perhatikan Gizi dan Hidrasimu


Jakarta

Sudah siap ikut Berlari Di Pocari Sweat Run Indonesia 2024? Pasti para pencinta Berlari atau runners sudah bersiap mulai Di Pelatihan fisik dan stamina yang teratur sampai Bersama memilih Sandalku Berlari yang nyaman.

Eits, masih ada satu hal yang tidak kalah penting, yaitu asupan Gizi dan hidrasimu! Sebab kebutuhan seorang pelari bukan hanya fisik yang kuat dan kemampuanya menempuh jarak jauh tapi juga asupan Gizi dan hidrasi yang cukup.

Pemenuhan Gizi dan hidrasi ini sangat penting Bagi runners yang memerlukan energi besar Bagi berlari. Berbagai manfaat Gizi yang tepat Di Latihan Berlari adalah Bagi memenuhi kebutuhan energi dan bahan bakar Sebelumnya dan Di berlari, Meningkatkan Penampilan Latihan, mempertahankan dan Meningkatkan massa otot, serta membantu proses Perawatan Sesudah berlari.

“Di dasarnya kita membutuhkan Gizi yang lengkap dan juga seimbang Bagi persiapan Latihan, yakni Bersama makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien itu Ditengah lain, ada karbohidrat, lemak dan protein,” jelas Spesialis Gizi Klinik Di Mayapada Hospital Tangerang dr Mulianah Daya, MGizi, SpGK, AIFO(K).


“Sedangkan, mikronutrien berupa vitamin dan mineral yang bisa didapatkan Di Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Jika ini terpenuhi, pelari biasanya tidak sulit Bagi recovery Sesudah Berlari jarak jauh,” sambungnya.

Ada beberapa makronutrien yang diperlukan Bersama runners, pertama, karbohidrat yang merupakan sumber energi utama dan paling efisien Di Aktivitasfisik. Malahan runners bisa melakukan carbo loading beberapa hari Sebelumnya perlombaan.

Carbo loading ini diperlukan Bagi Meningkatkan cadangan glikogen, menstabilkan kadar gula darah, mencegah kelelahan dini, dan Meningkatkan konsentrasi Supaya dapat membantu memaksimalkan endurance Di berlari.

“Biasanya, carbo loading dilakukan 2-3 hari Sebelumnya perlombaan. Runners secara bertahap dapat Meningkatkan asupan karbohidrat hingga mencapai 60-70% Di total kalori harian Akan Tetapi juga tetap memperhatikan kecukupan protein dan lemak baik,” tutur dr Mulianah.

“Konsumsi dan minuman tinggi karbohidrat Ditengah lain nasi, pasta, kentang, roti gandum, buah-buahan, sayuran,” lanjutnya.

Kedua, protein yang berguna Bagi mempertahankan dan Meningkatkan massa otot Di Aktivitasfisik. Bagi memenuhi kebutuhan protein, dapat mengonsumsi Konsumsi seperti daging, ikan, telur, susu rendah lemak, tahu, tempe, dan kacang.

Ketiga, lemak, yang dibutuhkan Di Di Aktivitasfisik Akan Tetapi jenis lemak yang dibutuhkan adalah jenis lemak baik dan bukan lemak jenuh atau jenis kolesterol yang dapat justru dapat menghambat Penampilan dan Meningkatkan stress oksidatif Supaya dapat menghambat Penampilan Latihan.

Lalu menurut dr Mulianah, pemenuhan Gizi Sebelumnya Aktivitasfisik sebaiknya memperhatikan waktu Bagi persiapan.

“Di 3-4 jam Sebelumnya berlari sebaiknya mengonsumsi Konsumsi tinggi karbohidrat kompleks dan protein Bagi menyediakan energi yang Bertahan lama, seperti nasi merah Bersama ayam panggang atau oatmeal Bersama susu rendah lemak. Di 30 menit-1 jam Sebelumnya berlari hindari Konsumsi tinggi serat yang dapat mengganggu pencernaan Di berlari,” imbuh dr Muliana.

“Runners dapat mengonsumsi camilan ringan yang mudah dicerna, seperti pisang, yoghurt, roti Bersama selai, atau smoothies buah,” tambahnya.

Lanjutnya, kebutuhan mikronutrien dapat diperoleh Di vitamin dan mineral yang bermanfaat Menyediakan antioksidan sebagai penangkal radikal bebas yang muncul Di Di Aktivitasfisik khususnya Latihan intensitas berat. Vitamin dan mineral ini bersumber Di sayur dan buah-buahan.

Bagi Menyusun diri dan memenuhi kebutuhan Gizi Di berlari , dr Mulianah menyarankan Bagi melakukan konsultasi Lebih Jelas Bersama Ahli Kebugaran spesialis gizi klinik (SpGK) atau Ahli Kebugaran spesialis kedokteran Latihan (SpKO) Bagi memandu persiapan fisik dan asupan Gizi yang menunjang Kegiatan berlari. Konsultasi ini dapat diperoleh Melewati layanan unggul Sports Injury Treatment and Performance Center (SITPEC) Di Mayapada Hospital.

SITPEC merupakan layanan komprehensif dan terintegrasi Yang Berhubungan Bersama Latihan dan Keadaan, yang didukung Bersama Regu Ahli Kebugaran mulai Di Ahli Kebugaran spesialis Kedokteran Latihan, Ahli Kebugaran Spesialis Orthopedi dan Traumatologi, Ahli Kebugaran Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Ahli Kebugaran Spesialis Gizi Klinik, juga Ahli Kebugaran Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Bagi Menyambut rekomendasi Latihan yang baik Bagi jantung, serta Fisioterapis Latihan jika Anda Di proses Perawatan pasca Kerusakan Latihan.

Lanjutnya, Spesialis Gizi Klinik Di Mayapada Hospital Jakarta Selatan dr Yushila Meyrina, MSi, SpGK, turut memaparkan kebutuhan lainnya yang tak kalah penting, yakni kebutuhan hidrasi. Terpenuhinya kebutuhan hidrasi dapat menghindari dehidrasi Di berlari, mencegah kram otot, Meningkatkan metabolisme, dan menjaga stamina Di Aktivitasfisik.

“Sedangkan Bagi kebutuhan hidrasi, ada baiknya mengonsumsi cairan sebanyak 150-250 mililiter (ml) setiap 30 menit Aktivitasfisik. Bisa juga ditambah Bersama minuman isotonik atau berkarbohidrat sebesar 30-60 gram Di Latihan Bersama durasi panjang lebih Di 60 menit,” jelas dr Yushila.

“Perlu diingat juga, bahwa Sesudah Aktivitasfisik pun diperlukan kebutuhan hidrasi Bagi menghindari dehidrasi. Idealnya konsumsi cairan pengganti sebesar 450-500 ml setiap 0,5 kilogram (kg) berat badan yang turun Di waktu 2 jam Sesudah melakukan Latihan,” imbuhnya.

Sebagai official hospital partner Bagi Pocari Sweat Run Indonesia 2024, Mayapada Hospital bersama Pocari Sweat Berusaha Bagi Meningkatkan kesadaran para runner Bagi mengetahui kesiapan dan Situasi mereka masing-masing, Bersama menyediakan Self Health Assessment, yaitu formulir asesmen mandiri Bersama beberapa pertanyaan seputar Situasi dan riwayat Keadaan. Asesmen mandiri ini perlu diisi para runner yang Akansegera mengikuti offline event Bagi dapat mengetahui dan menilai kesiapan mereka Sebelumnya ikut serta Di ajang Pocari Sweat Run Indonesia 2024.

Mayapada Hospital juga Menyediakan Dukungan menyeluruh kepada para runners Bersama menyediakan paket Medical Check Up (MCU) Runner yang dapat dilakukan Di seluruh unit Mayapada Hospital, serta fasilitas pemeriksaan rekam jantung (EKG) secara gratis khusus Di unit Mayapada Hospital Bandung.

Bagi mengawal Keadaan para peserta Di Peristiwa berlangsung, Mayapada Hospital Akansegera siap siaga menyediakan fasilitas ambulans, Regu Ahli Kebugaran spesialis dan Ahli Kebugaran umum, perawat lengkap beserta fisioterapis Latihan, serta tenda ICU Bagi penanganan Perkara Pidana Hukum kegawatdaruratan Bersama cepat dan tepat.

Kemeriahan Pocari Sweat Run Indonesia 2024, juga Akansegera diwarnai Bersama aktivasi Memikat seperti EKG, vision check, serta games yang Akansegera ada Di booth Mayapada Hospital Di Race Pack Collection Di tanggal 18-20 Juli 2024 dan Di Peristiwa berlangsung Di tanggal 20-21 Juli 2024. Bersama Sebab Itu, pastikan kamu siap ikut Di Peristiwa Pocari Sweat Run Indonesia 2024 ini ya!

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Ikut Berlari Di Pocari Sweat Run 2024? Yuk Perhatikan Gizi dan Hidrasimu